Profil Brigita Manohara, Presenter TV yang Diperiksa KPK Terkait TPPU Bupati Mamberamo Tengah
Presenter Brigita Manohara/ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Brigita Manohara kembali disorot setelah ia diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dalam penyidikan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk tersangka Bupati Mamberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak (RHP).

Ini adalah kali kedua Brigita diperiksa oleh penyidik lembaga antirasuah terkait kasus RHP. Sebelumnya, perempuan yang beprofesi sebagai presenter televisi itu telah diperiksa penyidik pada hari Senin, 25 Juli 2022.

Saat itu, ia mengaku pernah menerima uang Rp480 juta dan mobil dari RHP. Belakangan uang dan mobil pemberian Bupati Mamberamo Tengah sudah dikembalikan kepada KPK.

"Kalau kemarin itu 'kan pemeriksaan hanya untuk tindak pidana korupsi, nah, kalau sekarang tindak pidana pencucian uang," ucap Brigita usai diperiksa KPK di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Senin, 5 Juni 2023, dikutip dari Antara.

Lantas, seperti apa sosok Brigita Manohara? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Brigita Manohara

Dirangkum dari berbagai sumber, Brigita lahir di Jakarta, 2 November 1985. Namanya mulai dikenal publik saat jurnalis dan pembawa acara berita Indonesia di TvOne.

Sebelum menjadi presenter di TvOne, Brigita Manohara lebih dulu menjadi jurnalis program Pojok Arena dan Pojok Isuk (program berita pagi berbahasa Jawa) di JTV tahun 2005, Indosiar (2006-2008), Sonora FM (2007-2009), Metro TV (2009-2011), dan SBO TV (2011-2012). Ia juga pernah menjadi penyiar di Radio Mercury Surabaya dan Radio Sonora Surabaya.

Sementara kariernya sebagai presenter bermula ketika Brigita terpilih sebagai juara dalam ajang news presenter di TPI tahun 2007. Kini Brigita lebih dikenal sebagai pembawa acara Kabar Hari Ini di TvOne, pengasuh program dialog ekonomi bertajuk Indonesia Business Forum, dan pembawa program Apa Kabar Indonesia Malam.

Sejak duduk di bangku mahasiswa, Manohara sudah menjadi simpatisan PDI Perjuangan. Ia terlibat di dalam kegiatan Departemen Infokom DPD PDIP Jawa Timur yang dipimpin oleh politisi Indah Kurnia.

Pada Pemilu 2019, Manohara memutuskan terjun ke dunia politik untuk mewujudkan reformasi di bidang penegakan hukum, melalui proses legislasi di parlemen, dengan mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI dari PDIP daerah pemilihan Lampung. Hanya saja, suara yang diperolehnya tidak cukup untuk melenggang ke Senayan.

Demikian informasi tentang profil Brigita Manohara. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.