Dihantam Angin Kencang, Rumah Lansia di Bogor Ambruk
Bencana rumah ambruk Kampung Cijahe RT 001/001, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor (VOI)

Bagikan:

BOGOR - Bencana rumah ambruk kembali terjadi di Kota Bogor. Kali ini, kejadian tersebut terjadi Kampung Cijahe RT 001/001, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat.

Adapun, rumah ambruk menimpa kediaman Kakek Mukri (63), yang dihuni empat orang. Penyebabnya karena bangunan yang sudah lapuk.

Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas menuturkan, kejadian rumah ambruk ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 15:30 WIB, Kamis 8 Juni.

"Penyebab bangunan ambruk terjadi akibat atap bangunan rumah yang sudah lapuk," kata pria yang akrab disapa Theo, Kamis 8 Juni.

Menurut Theo, adapun bagian bangunan rumah ambruk meliputi atap ruangan kamar tidur, ruang tamu dan kamar mandi.

"Tidak ada korban jiwa," ucap Theo.

Ditambahkan Theo, atas kejadian ini, keluarga terdampak membutuhkan bantuan mendesak berupa Hunian Sementara (Huntara).

"Untuk assessment dan pemberian bantuan terpal sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor di lokasi kejadian," ujar Theo.

Sebelumnya, hujan deras dan angin kencang juga melanda Kota Bogor pada Rabu, 7 Juni 2023. Akibatnya, satu unit rumah milik warga di Kampung Dekeng RT 04/03, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan ambruk.

Informasi dihimpun, kejadian rumah ambruk sendiri dilaporkan terjadi sekitar pukul 13:00 WIB. Di mana, rumah tersebut milik warga bernama Jeje yang dihuni oleh enam orang.

"Penyebabnya karena hujan deras disertai angin kencang di wilayah tersebut, ditambah kondisi pondasi bangunan rumah yang sudah rapuh," kata