Menag Tiba di Arab Saudi Cek Persiapan Armuzna
DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiba di Arab Saudi untuk mengecek persiapan persiapan Armuzna saat puncak ibadah haji 1444 H/ 2023 Masehi.

Menag Yaqut mengatakan akan meninjau ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) untuk melihat dan mengonsolidasikan kesiapan dari penyelenggaraan haji.

"Kesiapan seperti apa kekurangannya di mana supaya kita bisa konsolidasikan dan kita tutupilah kelemahan-kelemahan," kata dia setibanya di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, dilansir ANTARA, Senin, 19 Juni.

Selain itu, Gus Yaqut, panggilan akrab Menag itu, menghimbau jemaah calon haji Indonesia terutama lansia untuk fokus menyambut puncak haji dengan menjaga fisik.

Menag meminta jemaah mengurangi ibadah-ibadah yang sifatnya sunah.

"Ibadah ibadah sunah sudah dilakukan sekarang fokus pada puncak ibadah haji," kata Gus Yaqut.

Dia meminta jemaah mempersiapkan diri khususnya bagi lansia untuk persiapan puncak haji sehingga semua akan bisa berjalan baik dan lancar serta tidak akan terjadi peristiwa peristiwa yang tidak diinginkan.

Selain mengecek Armuzna, Menag juga akan bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi untuk menyampaikan beberapa catatan yang sebagian besar merupakan catatan positif.

Yaqut mengatakan beberapa catatan positif yakni pelayanan penyambutan jemaah yang bagus, penambahan toilet di Arafah dan penyediaan 15 mobil golf untuk evakuasi jamaah di Mina.

Dia juga akan menghadiri Muktamar Taisyir 1444 H/2023 M yang diselenggarakan Pemerintah Arab Saudi.

Muktamar yang dihadiri Menteri Agama sedunia itu akan membahas tentang fiqih ibadah haji.