Soal Andika Perkasa Diusulkan Jadi Ketua Timses Ganjar, Puan: Masuk dalam <i>List</i>
Ketua DPP PDIP Puan Maharani meninjau persiapan puncak peringatan Bulan Bung Karno di GBK Jakarta, Kamis, 22 Juni. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mendengar usulan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menjadi ketua tim sukses Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Dia bilang nama Andika masuk dalam daftar.

"(Nama Andika, red) masuk dalam list saya," kata Puan kepada wartawan saat meninjau persiapan puncak peringatan BBK, Kamis, 22 Juni.

Puan menjadi pihak yang ditugaskan menyusun tim kampanye Ganjar. "Untuk kemudian nantinya itu membentuk tim," tegasnya.

Lebih lanjut, Puan bicara soal Andika yang berziarah ke makam Presiden Pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Katanya, siapapun boleh datang dan mendoakan kakeknya.

"Alhamdulillah bahwa Bung Karno itu kan memang milik bangsa, proklamator. Jadi semuanya memang bisa datang ke sana berziarah, berdoa dan lain sebagainya," ungkap Ketua DPR itu.

Sementara soal Andika yang dikabarkan punya kartu tanda anggota (KTA) PDIP, Puan tak mau banyak bicara. "Nanti tanya, ya, 'pak udah punya KTA belum sih?'," ujar Puan.

Diberitakan sebelumnya, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa melakukan ziarah bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno sekaligus dalam rangkaian acara Haul Bung Karno yang ke-53.

Pada kesempatan tersebut, ia juga ditemani Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga adalah mantan Wali Kota Blitar Djarot Syaiful Hidayat, anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Andreas Pareira, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Soekarno, Romy Hendra Rahtomo Soekarno, dan Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno, Dade Marhaendra.

Kegiatan ziarah ke makam Bung Karno bukan baru kali ini saja. Andika mengatakan sudah biasa melakukannya sejak masa kanak-kanaknya.

Andika juga mengakui kebiasaannya ini selain karena ia memang orang Blitar, juga karena ia begitu mengagumi sosok Sang Proklamator. Ia pun kerap bolak-balik berkunjung ke makam Bung Karno di Blitar.

Andika mengungkapkan dirinya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan Kota Blitar karena ibu kandungnya asli sana. Dia pun menghabiskan masa kanak-kanak sampai remajanya di Blitar.