Korban Terseret Arus Banjir di Malang Pekan Lalu Ditemukan Meninggal di Sungai Jenawi
Lokasi korban saat terseret arus banjir di Dusun Krajan, Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (7/7/2023)/ANTARA/HO-Polsek Bantur)

Bagikan:

MALANG - Tim gabungan menemukan korban yang terseret arus di Sungai Bantur, pada Jumat (7/7) dalam kondisi meninggal dunia. Korban ditemukan di bibir Sungai Jenawi, Desa Tumpakrejo, Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan korban ditemukan pada Selasa (11/7) kurang lebih pukul 15.00 WIB atas nama Supandri (58) warga Dusun Krajan RT15/03 Desa Bantur.

"Benar sudah ditemukan kemarin, kurang lebih pukul 15.00 WIB," kata Taufik dikutip ANTARA, Rabu, 12 Juli.

Taufik menjelaskan pencarian oleh tim gabungan dilakukan sejak korban dilaporkan terseret arus Sungai Bantur, dan baru membuahkan hasil pada Selasa (11/7). Korban ditemukan meninggal dunia usai dilakukan pencarian selama kurang lebih lima hari.

Usai ditemukan oleh tim pencari, jenazah korban kemudian dilakukan pemeriksaan luar oleh tim medis. Pihak keluarga meyakini bahwa jenazah yang ditemukan di bibir Sungai Jenawi, Desa Tumpakrejo tersebut merupakan korban Supandri.

Pihak keluarga menolak adanya langkah autopsi terhadap jenazah Supandri, karena menyadari peristiwa terseretnya korban ke dalam aliran Sungai Bantur tersebut merupakan murni kecelakaan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan luar bersama dengan petugas medis dan pihak keluarga meyakini bahwa jenazah tersebut adalah saudara Supandri. Keluarga juga menolak autopsi dan menyadari kejadian tersebut murni kecelakaan," katanya.

Pada Jumat (7/7), Supandri dilaporkan terseret arus pada saat terjadi luapan air di Sungai Bantur, di wilayah RT15/3 Dusun Krajan, Desa Bantur, Kecamatan Bantur. Peristiwa tersebut terjadi kurang lebih pukul 13.30 WIB, saat terjadi banjir di sejumlah titik di Kabupaten Malang.

Peristiwa tersebut bermula pada saat wilayah Kabupaten Malang diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Kamis (6/7) dan menyebabkan aliran sungai yang melintas di Dusun Krajan tersebut meluap.

Saat itu, korban bersama warga lain berusaha membersihkan kayu yang tersangkut pada jembatan dengan panjang 20 meter dan lebar kurang lebih 1,5 meter. Namun, pada saat berusaha menyingkirkan kayu tersebut, korban terseret arus.

Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Malang, pada Jumat (7/7). Bencana tersebut menyebabkan ratusan keluarga terdampak dan terganggunya sejumlah akses seperti jalan dan aliran listrik.