Mengenal 3 Calon Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pranowo: Kepala BKKBN, Kadiklat Kejagung dan Sekda Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ist)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur Jateng pengganti Ganjar Pranowo yang masa baktinya akan habis pada 5 September 2023, nanti. Mereka yakni Hasto Wardoyo (Kepala Badan Koordinaasi Keluaarga Berencana Nasional), Tony Tribagus Spontana (Kepala Badan Diklat Kejaksaan Agung RI), dan Sumarno (Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah).

Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat gabungan seluruh pimpinan dan ketua fraksi DPRD Jateng berdasarkan kapabilitas yang mampu meneruskan program Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Selanjutnya, ketiga nama tersebut akan ditindaklanjuti dan menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan persetujuan menjadi Penjabat Gubernur Jateng.

Lantas, seperti apa sosok calon Pj Gubernur Jateng pengganti Ganjar Pranowo? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

3 Sosok Calon PJ Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pranowo

1. Hasto Wardoyo

Calon atau kandidat Pj Gubernur Jateng yang pertama adalah Hasto Wardoyo. Beliau bukanlah orang baru dalam dunia pemerintahan.

Hasto diketahui pernah menjabat sebagai Bupati Kulon Progo selama dua periode, yakni periode 2011-2016 dan 2016-2019.

Di tahun terakhir menjabat sebagai Bupati Kulon Progo, tepatnya pada 1 Juli 2019, Hasto Wardoyo diangkat oleh Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sebelum terjun ke dunia politik, Hasto Wardoyo dikenal sebagai dokter dan pengusaha di bidang jasa kesehatan.

Hasto memiliki latar belakang pekerjaan yang bervariasi, mulai dari kepala Puskesmas hingga dosen di Fakultas Kedokteran UGM. Perjalanan karirnya juga mencakup masa sebagai Bupati Kulon Progo dan kini sebagai Kepala BKKBN.

2. Tony Tribagus Spontana

Kandidat Pj Gubernur Jateng yang kedua adalah Tony Tribagus Spontana yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI. Jabatan tersebut diemban Tony sejak 29 April 2020.

Tony memiliki karier yang cukup mentereng di lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia. Ia tercatat pernah menduduki berbagai jabatan penting di Kejagung, seperti:

  • Staf Ahli Jaksa Agung Kejaksaan Agung untuk bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.
  • Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI.
  • Kepala Kejaksaan Tinggi DI Yogyakarta.
  • Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

3. Sumarno

Calon Penjabat Gubernur Jawa Tengah yang ketiga adalah Sumarno yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah.

Bisa dibilang, Sumarno adalah birokrat yang mempunyai banyak pengalaman dalam menjalankan pemerintahan daerah. Sebelum menjabat sebagai Sekda Jateng, ia menjadi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng.

Sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mempunyai peran strategis dalam koordinasi dan pelaksanaan program-program pemerintah daerah.

Pengalaman Sumarno dalam administrasi pemerintahan menjadi aset yang signifikan dalam perannya sebagai calon Pj Gubernur.

Demikian informasi tentang profil 3 calon Pj Gubernur Jateng. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.