Keuntungan Jadi Paskibraka, dari Prestis hingga Materi
Ilustrasi Paskibraka Nasional 2023 (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjadi bagian tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka menjadi kebanggaan tersendiri bagi pesertanya. Namun tahukah Anda apa saja keuntungan jadi Paskibraka?

Keuntungan Jadi Paskibraka

Perlu diketahui, peserta Paskibraka diambil dari siswa-siswi terbaik yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka dipilih lewat seleksi ketat untuk mewakili kabupaten, provinsi, hingga nasional. Setelah terpilih, calon Paskibraka akan menjalani serangkaian latihan. Di luar dari proses seleksi, berikut ini keuntungan jadi Paskibraka.

  1. Mendapat Bekal Kemiliteran

Salah satu keuntungan menjadi Paskibraka adalah memiliki bekal kemiliteran seperti disiplin, tepat waktu, berintegritas, kerja sama tim yang baik, dan sebagainya. Paskibraka akan mendapatkan serangkaian pelatihan semi-militer yang tak didapatkan oleh masyarakat sembarangan.

  1. Menumbuhkan Sikap Patriotisme

Secara umum patriotisme adalah sikap cinta tanah air mencakup rela berkorban untuk bangsa, negara, dan sesama. Seperti diketahui, Paskibraka akan mengibarkan Bendera Merah Putih di momen Kemerdekaan Republik Indonesia. Momen tersebut sangat berharga mengingat Bendara Pusaka adalah lambang negara yang dalam mencapai kemerdekaan dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar.

  1. Menjadi Prestasi yang Berharga

Menjadi seorang Paskibraka bisa jadi salah satu prestasi yang bisa dibanggakan. Pasalnya, untuk menjadi Paskibraka peserta harus mengalahkan peserta lain yang jumlahnya bisa mencapai puluhan. Prestasi tersebut tidak bisa dinilai dengan materi.

  1. Pengalaman yang Tak Banyak Dimiliki

Seorang Paskibraka juga akan mendapatkan pengalaman yang mungkin hanya dimiliki oleh segelintir orang. Sebagai contoh, Paskibraka bisa mengibarkan Bendera Pusaka dengan disaksikan oleh pejabat negara, baik pusat maupun daerah. Selain itu Paskibraka.

  1. Mendapatkan Jaringan

Salah satu keuntungan lain menjadi Paskibraka adalah memperluas jaringan. Peserta Paskibraka akan bertemu dengan peserta lain yang berasal dari berbagai wilayah. Selain itu peserta juga akan dipandu oleh beberapa instansi negara sebagai salah satu bagian dari pelatihan.

  1. Mudah Masuk Akpol dan Akmil

Mantan Paskibraka akan mendapatkan kemudahan jika ingin melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) atau Akademi Kemiliteran (Akmil). Hal tersebut bisa terjadi karena Paskibraka telah melalui tahap seleksi ketat dan pelatihan semi-militer. Dengan begitu fisik dan integritas yang dimiliki telah terbukti.

  1. Mudah Masuk Instansi Pendidikan Formal

Beberapa instansi pendidikan di Indonesia juga memberikan fasilitas berupa kemudahan peserta Paskibraka untuk melanjutkan pendidikan, termasuk universitas. Bahkan, Paskibraka bisa masuk tanpa ujian karena masuk melalui jalur prestasi.

  1. Beasiswa Pendidikan

Anggota Paskibraka juga berpotensi mendapatkan beasiswa pendidikan. Beasiswa bisa berupa uang pendidikan hingga fasilitas yang menunjang pendidikan.

  1. Mendapatkan Keuntungan Materi

Paskibraka akan mendapatkan keuntungan materi berupa gaji atau honor. Gaji yang didapatkan pun beragam. Sebagai contoh, Paskibraka tingkat kabupaten akan mendapatkan gaji hingga Rp1.500.000, namun besarannya tergantung masing-masing daerah.

Sedangkan Paskibraka provinsi juga akan mendapat honor Rp1,5 juta per orang ditambah dengan uang transport. Kebutuhan lain dari Paskibraka juga akan terjamin selama pelatihan dan acara digelar.

Besaran gaji Paskibraka yang paling besar adalah tingkat nasional yang dalam beberapa sumber dikatakan bisa mencapai Rp3 juta hingga Rp10 juta.

Itulah informasi terkait keuntungan jadi Paskibraka. Kunjungi VOI.ID utuk mendapatkan informasi menarik lainnya.