Reaksi Gibran soal Makan Siang Wapres Bersama Cawapres Rabu Besok
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (ANTARA)

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Solo yang juga bakal cawapres, Gibran Rakabuming Raka mengaku belum mengetahui agenda pertemuan bakal calon wakil presiden (cawapres) bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Rabu 1 November.

Gibran sendiri mengaku tidak mengetahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tiga bakal capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di Istana Merdeka, Jakarta Senin kemarin.

“Saya enggak lihat, enggak tahu. Saya seharian ini enggak lihat TV, jadi enggak tahu (Presiden Jokowi makan siang dengan tiga bakal capres),” kata Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi itu juga mengaku tidak diberi kabar oleh Prabowo Subianto terkait pertemuan tersebut. “Enggak, enggak tahu,” ucap Gibran.

Untuk itu, Gibran mengatakan sama sekali tidak mengetahui materi yang dibicarakan keempat tokoh tersebut selama makan siang bersama.

“Yang diobrolkan? Ya enggak tahu, saya kan enggak di sana ya. (Bocoran dari Prabowo) enggak tahu,” kata dia.

Gibran juga mengaku tidak mengetahui rencana Wapres Ma'ruf Amin mengundang tiga bakal cawapres termasuk dirinya. Gibran mengaku belum menerima undangan dari Wapres Ma'ruf Amin mengenai rencana tersebut. Gibran menyebut justru terdapat sejumlah menteri yang akan hadir di Solo.

“Enggak tahu. Besok (Rabu)? Besok enggak ada. Undangan (dari Wapres) pekan ini juga belum ada. Besok setahu saya malah ada tiga menteri di Solo Technopark (STP),” ujar Gibran sembari naik ke mobil dinasnya AD 1 A.

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin dikabarkan bakal bertemu para bakal calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024. Rencana itu disampaikan bakal capres Ganjar Pranowo seusai menghadiri makan siang bersama Presiden Jokowi dan para bakal capres di Istana Merdeka Jakarta, Senin kemarin.

"Kalau nggak salah, besok akan ada undangan bakal cawapres akan bertemu dengan Wapres," kata Ganjar dikutip dari Antara.

Ganjar mengaku telah mengonfirmasi melalui komunikasi dengan pihak Istana Wakil Presiden mengenai rencana pertemuan Ma'ruf Amin dengan Gibran, Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Namun, Ganjar belum dapat memastikan waktu dari pelaksanaan pertemuan Ma'ruf Amin dengan tiga bakal cawapres itu.

"Nanti biar diatur. Kemarin saya coba komunikasi," katanya.

Diberitakan, Presiden Jokowi makan siang bersama tiga bakal capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, ketiganya mengaku tidak membahas topik yang berat, tetapi membicarakan netralitas Presiden Jokowi.

Makan siang dan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan tiga bakal capres tersebut berlangsung selama kurang lebih satu jam. Awak media hanya diperkenankan mengambil gambar di awal pertemuan. Makan siang kemudian dilanjutkan secara tertutup.