Bareng Ganjar-Mahfud, Megawati Bakal Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar Besok
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal berziarah Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno, besok, Jumat, 3 November. Rencananya, capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal hadir.

“Besok Ibu Megawati Soekarnoputri beserta keluarga dan juga Pak Ganjar, Prof Mahfud MD akan berziarah ke makam Bung Karno di Blitar,” kata Hasto kepada wartawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis, 2 November.

Hasto bilang ziarah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan sekaligus menyontoh Bung Karno yang sepanjang hidupnya untuk negara. Sebab, Megawati sejak awal menyebut Indonesia butuh pemimpin yang berpengalaman, bersih, dan yang mampu menegakkan keadilan 

“Ini sebagai suatu tidak hanya penghormatan terhadap bapak proklamator bapak bangsa Indonesia tapi juga untuk memulai segala sesuatunya seperti Bung Karno yang sepanjang hidupnya bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

“Sepanjang hidupnya untuk persatuan bangsa, sepanjang hidupnya untuk dedication of life yang digerakkan oleh ide cita-cita, gagasan, pemikiran dari rakyat sehingga tradisi mengungkapkan seluruh aspek spiritualisme inilah yang besok akan dilakukan,” sambungnya.

 

Sementara sorenya Ganjar-Mahfud dijadwalkan akan menghadiri final Liga Kampung Soekarno Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Megawati juga disebut akan hadir dalam kegiatan tersebut bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, seperti Arsjad Rasjid.

Adapun kegiatan ini dilakukan sebagai wujud merayakan keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Gelaran olahraga tersebut bakal dimulai pada 10-17 November.

Selain itu, pertandingan sepak bola ini dibuat PDIP karena menjadi cita-cita Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno. Sebab, olahraga menjadi sarana membentuk karakter bangsa.