Cuaca Rabu 22 November, Hujan Deras Disertai Petir Diprediksi Guyur Sejumlah Kota Besar
Ilustrasi hujan (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Rabu 22 November 2023. Prakirawan Kania Mustikawati mengungkapkan, prediksi hujan bakal terjadi di mayoritas kota-kota besar di Tanah Air.

Dimulai dari Pulau Sumatra, hujan dengan intensitas ringan dan sedang bakal mengguyur Kota Tanjungpunang, Pekanbaru, Medan, Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, dan Bandar Lampung.

“Waspada potensi hujan disertai petir di Kota Pangkalpinang dan Palembang,” ungkap Kania, Rabu 22 November.

Beralih ke Pulau Jawa, potensi hujan sedang dan ringan bakal terjadi di Kota Serang, Bandung, dan Semarang.

“Sedangkan Kota Jakarta, Yogyakarta serta Surabaya umumnya cuaca cerah berawan hingga berawan,” jelas Kania.

Bergeser ke Bali dan Nusa Tenggara, Kota Denpasar dan Kupang umumnya cuaca cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan ringan di Kota Mataram.

Untuk Pulau Kalimantan, hujan ringan bakal mengguyur Kota Palangkaraya dan Samarinda.

“Waspadai potensi hujan disertai petir di Kota Tanjung Selor, Pontianak, dan Banjarmasin,” ungkap Kania.

Di Pulau Sulawesi waspadai hujan petir di Kota Gorontalo, hujan ringan di Kota Palu, Mamuju, dan kota Manado. “Untuk Kota Makassar serta Kendari cuaca berawan,” katanya.

Untuk wilayah Maluku dan Papua, waspadai potensi hujan petir di Kota Ambon, kemudian hujan sedang di Manokwari, dan hujan ringan di Kota Ternate serta Jayapura.

Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar antara 19 hingga 36 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar antara 50 hingga 100%.