PDIP Dorong Puan Maharani Jadi Ketua DPR Periode 2024-2029
Ketua DPR Puan Maharani

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Puan Maharani yang merupakan Ketua DPP PDIP bakal didorong kembali melanjutkan kembali tugasnya sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2024. Salah satu pertimbangannya karena dia mampu menjalani tugasnya di periode 2019-2024.

"Mbak Puan mampu menampilkan kepemimpinan," kata Hasto kepada wartawan yang dikutip Senin, 8 April.

Selain itu, Hasto menilai banyak pengalaman mumpuni yang dimiliki anak bungsu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu. Mulai dari di internal partai hingga pengalaman sebagai Menko PMK.

"Juga lima tahun sebagai Ketua DPR RI. Sehingga berdasarkan proses yang dilakukan, Mbak Puan merupakan Ketua DPR selanjutnya sesuai dengan arahan dari Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri," tegasnya.

Hasto juga menyebut langkah ini diambil karena PDIP berhasil memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. "Di tengah berbagai manipulasi pemilu, kami sangat bersyukur," ungkapnya.

"Bahwa menang tiga kali berturut-turut bagi PDIP dapat diwujudkan karena harapan rakyat. Bahkan, di tingkat kabupaten/kota kami dapat menambah perolehan jumlah kursi di provinsi. Total pimpinan Ketua DPRD dan wakil ketua itu secara akumulatif mengalami peningkatan," sambung Hasto.

Diberitakan sebelumnya, KPU menyatakan PDIP meraih suara terbanyak dalam Pileg 2024. Hasil rekapitulasi mencatat, partai berlambang banteng ini meraih suara sebesar 25.387.279 atau 16,73 persen.

Total ada delapan partai yang masuk DPR RI berdasarkan hasil rekapitulasi yang dibacakan beberapa waktu lalu. Rinciannya adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, Partai keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).