Inggris dan Arab Saudi Janjikan Rp80 Miliar untuk Mengatasi Meningkatnya Kekurangan Gizi di Somalia
Ilustrasi anak-anak Somalia. (Wikimedia Commons/Robbert van der Steeg)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Inggris dan Arab Saudi telah menjanjikan dana 5 juta dolar AS (sekitar Rp80.288.000.000) untuk mengatasi meningkatnya kekurangan gizi di Somalia.

Dana tersebut, yang disumbangkan melalui UNICEF, akan menyediakan layanan air, sanitasi dan kebersihan kepada 50.000 perempuan dan anak-anak di negara tersebut, yang terkena dampak konflik dan kekeringan.

Hal ini telah dijanjikan sebagai bagian dari kemitraan yang telah terjalin, di mana Inggris dan Arab Saudi telah memberikan komitmen sebesar 22 juta dolar AS (sekitar Rp353.267.200.000) untuk membantu orang-orang yang terkena dampak konflik.

Pendanaan terbaru ini diumumkan pada Dialog Strategis Inggris-Saudi mengenai Bantuan Kemanusiaan dan Pembangunan Internasional yang kedua di Riyadh Hari Senin, yang membahas upaya untuk memberikan lebih banyak bantuan untuk Gaza dan mendorong kemajuan menuju perdamaian di Sudan.

Program-program tersebut akan disalurkan melalui KSrelief dan Saudi Fund for Development, lembaga bantuan dan pembangunan utama Kerajaan.

Wakil Menteri Luar Negeri dan Menteri Negara Pembangunan dan Afrika Inggris Andrew Mitchell, mengatakan: "Saya senang berada di Riyadh untuk menyepakati cara untuk meningkatkan pendanaan bersama secara signifikan yang akan sangat membantu masyarakat dan komunitas yang membutuhkan. itu yang paling penting, berdasarkan pengumuman hari ini," dikutip dari The National News 7 Mei.

"Saya juga membahas perlunya mengakhiri konflik di Gaza dengan mitra saya di Saudi. Inggris tetap fokus untuk segera menghentikan pertempuran, mengamankan pembebasan sandera dan memastikan bantuan menjangkau mereka yang membutuhkannya," lanjutnya.

Sementara itu, Pengawas Jenderal Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman sekaligus Penasihat Pengadilan Kerajaan Dr Abdullah Al Rabeeah, mengatakan: "Ke depan, kami berharap dapat meningkatkan pengalaman teknis dan pengembangan kapasitas kami dengan membangun fondasi kuat yang dibangun pada masa lalu. dialog, yang menghadirkan peluang berharga untuk memperkuat arah masa depan kita, mengeksplorasi bidang kerja sama baru, dan lebih jauh menunjukkan potensi transformatif dari kemitraan kita.”

"Para pejabat dari kedua belah pihak secara aktif mengidentifikasi peluang yang menjanjikan untuk kolaborasi lebih lanjut. KSrelief melihat potensi besar untuk memanfaatkan kekuatan kami di berbagai bidang seperti intervensi kesehatan, pembangunan infrastruktur pendidikan, dan program penciptaan mata pencaharian," tambahnya.

Diketahui, kemitraan ini telah menyumbang untuk proyek-proyek yang menyediakan bantuan kelaparan dan dukungan kemanusiaan di Somalia dan Sudan.

Kerja sama lebih lanjut diharapkan, dengan tambahan proyek kemanusiaan dan pembangunan bersama yang direncanakan untuk Sudan, Yaman, Bangladesh dan Ukraina.