Ganjar Pilih Oposisi Pemerintahan Prabowo-Gibran, Ini Alasannya
Ganjar Pranowo di acara halal bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud pada hari ini, Senin, 6 Mei 2024 (Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan alasan dirinya memilih menjadi oposisi atau berada di luar pemerintahan periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Ganjar, pilihan oposisi merupakan bentuk penghormatan terhadap Prabowo-Gibran untuk menjadi penyeimbang dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Saya menyampaikan kemarin di acara halalbihalal TPN bahwa saya menyampaikan, saya tidak akan berada di pemerintahan ini sebagai sebuah penghormatan saya kepada pemenang dan memunculkan sikap kepada publik ini, (saya) tidak di pemerintahan," ujarnya di acara halalbihalal Barikade 98, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 7 Mei.

Menurut Ganjar, Pilpres 2024 tidak hanya bertujuan untuk memperebutkan kursi kekuasaan. Dia menilai, politik juga merupakan perjuangan nilai untuk memilih menjadi oposisi atau koalisi.

"Pendidikan politik yang harus diberikan kepada masyarakat bahwa dalam sebuah kontestasi tidak hanya sekadar berebut kursi dan dibagi-bagi, tetapi ada value dan program, dan ada sikap yang bisa kita berikan. Itu intinya," tandas Ganjar.