Benda Mencurigakan yang Bikin Resah Bermunculan, di Terminal Purbaya Madiun Dipastikan Bukan Bom
Tim Gegana mengamankan benda mencurigakan yang ditemukan di ruang tunggu Terminal Purbaya Kota Madiu (Antara/Diskominfo Kota Madiun)

Bagikan:

MADIUN - Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan memastikan benda mencurigakan yang ditemukan di ruang tunggu Terminal Purbaya Kota Madiun, Jawa Timur bukan bom. 

"Kami pastikan bahwa isi di dalam kotak kardus yang ditemukan di Terminal Purbaya adalah bukan benda berbahaya," ujar AKBP Dewa di Madiun dikutip Antara, Senin, 5 April.

Menurut dia, kepastian isi dari kotak karton yang bukan benda berbahaya atau bom tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan tim Gegana dari Batalion C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur.

Ada pun hasil pemeriksaan dengan menggunakan alat X-Ray, kotak karton itu berisi tiga tumpuk benda tanpa ditemukan unsur rangkaian elektrik.

Meski dipastikan wilayah Madiun dan sekitarnya kondusif, Kapolres meminta masyarakat di wilayah hukumnya untuk tetap waspada dengan lingkungan di sekitarnya.

Jika ditemukan ada hal yang janggal dan mengarah ke gangguan kamtibmas, warga masyarakat dapat melapor ke Ketua RT, lurah, ataupun petugas kepolisian terdekat.

Diberitakan sebelumnya, pada Sabtu, 3 April malam penumpang dan petugas Terminal Purbaya Kota Madiun menemukan ada kardus tak bertuan di ruang tunggu terminal tersebut.

Temuan benda mencurigakan kemudian dilaporkan ke Polres Madiun Kota karena ditakutkan merupakan benda berbahaya atau bom, mengingat situasi akhir-akhir ini sarat isu teror.

Selanjutnya, proses evakuasi dilakukan oleh Tim Gegana Brimob Polda Jatim. Sekitar 45 menit dilakukan pemeriksaan, petugas memastikan isinya bukan bom. Melainkan, benda-benda umum, seperti batu dan daun.

Terkait temuan tersebut, kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang. Serta, tidak memperkeruh suasana dengan menciptakan isu-isu yang tujuannya meresahkan masyarakat.

"Jangan sampai kejadian kurang bertanggung jawab seperti ini terjadi lagi. Apalagi sampai meresahkan warga. Mari jaga Kota Madiun yang tetap kondusif," katanya.