Tips Agar Tak Gampang Lapar Saat Puasa, Salah Satunya Sepele dan Sering Dilupakan Orang
Ilustrasi Tips Agar Tak Gampang Lapar Saat Puasa (unsplash)

Bagikan:

Surabaya – Puasa jadi ibadah wajib bagi umat Islam di bulan Ramadan. Mereka harus menahan lapar dan haus dari mulai terbit fajar hingga tenggelam matahari. Namun, meski sudah sahur cukup, banyak orang merasa gampang lapar saat puasa berjalan. Hal itu sebenarnya wajar dan mudah untuk diatasi.

Agar tak mengganggu ibadah puasa Anda, ada tips yang bisa dilakukan agar tak mudah lapar di tengah jalan saat puasa, yakni sebagai berikut.

Cukup minum air putih

Jangan sepelekan air putih karena saat puasa, cairan tubuh akan berkurang banyak. Air juga akan menimbulkan efek perut penuh sehingga dapat memanipulasi otak agar tak mudah lapar. Namun patut diperhatikan, minum air putih saat sahur juga tak boleh berlebihan. Minumlah secara berkala selama sahur dan buka agar tak menimbulkan muntah.

Makanan Berserat

Mungkin Anda adalah orang yang suka sembarangan saat makan sahur. Jika iya, mulailah kurangi kebiasaan tersebut. Perhatikan gizi dan pilihlah makanan dengan banyak serat agar efek kenyang lebih lama. Serat bisa didapat dari buah dan sayur sehingga sangat menyehatkan.

Beraktivitas

Saat puasa, orang lebih cenderung lemas dan tak bersemangat. Padahal perasaan tersebut justru membuat rasa lapar makin terasa. Cobalah untuk menyibukkan diri saat berpuasa, bisa dengan melakukan pekerjaan ringan, menjalankan hobi, dan sebagainya.

Itulah beberapa tips agar tak gampang lapar saat puasa. Untuk mendapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya, kunjungi VOI.