Survei Jakarta Research Center: Elektabilitas Tri Rismaharini Ungguli Anies Baswedan
Hasil survei Jakarta Research Center (JRC) terkait elektabilitas calon di Pilkada DKI Jakarta. ANTARA/HO-Jakarta Research Center

Bagikan:

Surabaya – Jakarta Research Center (JRC) mengadakan survei politik terkait elektabilitas beberapa tokoh di Indonesia. Hasilnya, elektabilitas Mensos Tri Rismaharini ungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Terlepas tarik menarik pelaksanaan Pilkada 2022 atau 2024, namun elektabilitas Risma mengungguli Anies dalam pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta," jelas Direktur Komunikasi JRC Alfian P melalui siaran persnya di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat.

Tri Rismaharini Curi Perhatian dengan Gaya Blusukan

Elektabilitas mantan Wali Kota Surabaya mampu mencapai 37,1 persen. Angka tersebut terpaut 5 persen dari Anies Baswedan yang mencapai 32,4 persen.

Alfian menilai, kinerja Anies nampak kedodoran pasca menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 2017.

Di sisi lain, Risma dengan blusukannya sejak jabat sebagai Wali Kota Surabaya langsung mencuri perhatian masyarakat. Risma memiliki gaya kepemimpinan elite baru yang kerap menciptakan terobosan di tengah birokrasi yang kaku.

Selain kedua tokoh tersebut, ada pula ketua umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang memiliki tingkat elektabilitas sebesar 7,8 persen. Alfian menilai AHY masih berpeluang sebagai maju dalam kontestasi politik. Setelah itu ada Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang mencapai 7,8 persen.

Selain terkait elektabilitas Tri Rismaharini, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.