Panglima TNI dan Kapolri Targetkan <i>Herd Immunity</i> Warga Jatim Tercapai Bulan Agustus
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi COVID-19 di Sidoarjo (DOK Bidhumas Polda Jatim)

Bagikan:

SURABAYA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menargetkan herd immunity warga Jatim pada Agustus 2021. Untuk mempercepat vaksinasi COVID-19, akan dilakukan dengan dua strategi di Jatim

"Dua strategi itu yakni, menggelar vaksinasi massal di mal, puskesmas Korem, Polres. Pelaksanaan vaksinasi itu akan digelar setiap hari," kata Marsekal Hadi usai meninjau vaksinasi COVID-19 di Sidoarjo, Jumat, 9 Juli.

Dengan dua strategi itu, Hadi optimistis bisa memaksimalkan percepatan proses vaksinasi COVID-19 di Jatim, khususnya Surabaya Raya. Ia juga berharap target Jatim memvaksin 300 ribu orang per hari bisa tercapai.

"Kami harap 300 ribu sehari bisa tercapai dengan dua strategi itu. Sehingga pada pertengahan Agustus, sudah tercapai herd immunity sesuai harapan kita semua," ujarnya.

Marsekal Hadi juga mengingatkan warga yang telah divaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Sebab, vaksin bukan untuk menangkal COVID-19, melainkan agar daya tahan tubuh setiap orang menjadi lebih kuat. 

"Vaksin bukan berarti kita kebal, tapi kita siap kalau terpapar COVID-19. Sekali lagi, saudara-saudara tetap gunakan masker karena dengan masker 95 persen kita akan terhindar dari terpaparnya COVID-19," sambung Panglima TNI.

Sementara itu, Kapolri Jendral Listyo Sigit, mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Menkes agar proses pendistribusian vaksin di Jatim berjalan lancar. Kapolri juga mengapresiasi program vaksinasi COVID-19 di Jatim, penyerapannya telah melebihi target.

"Kita dapat laporan ada di beberapa tempat penyerapannya melebihi target. Ini jadi optimisme dalam membentuk herd immunity di Jatim akan tercapai. Rata-rata saat ini sudah 165 ribu vaksinasi dalam sehari di Jatim," kata Jenderal Sigit.

Kapolri juga optimistis pada Agustus mendatang, herd immunity akan tercapai di Jatim. Apalagi, kata dia, sudah 7,9 juta warga Jatim divaksin. 

"Harapannya ini bisa dipertahankan, dinaikkan, maka di akhir Agustus bisa jadi hadiah buat masyarakat Surabaya, untuk tercapainya herd immunity di Jatim. Tetap jaga jarak, prokes, masker, sayangi diri kita, sayangi keluarga," katanya.