Rahasia Vietnam Tekan Kematian Akibat COVID-19 dengan Teh Panas dan Perasan Lemon, Benarkah?
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini WhatsApp diramaikan dengan pesan berantai soal Vietnam yang tidak dihantam gelombang kematian tinggi akibat pandemi COVID-19. Masyarakat disebut-sebut memiliki resep obat untuk menangkal virus berbahaya tersebut.

Kabar gembira dan istimewa
 Di Vietnam korban covid 19 tidak ada yng mati
 Berita super.. obat virus covid 19 sudah tercapai informasi dari negara Vietnam.. virus covid 19 tidak menyebabkan kematian.. ternyata resepnya sangat sederhana tapi sangat ampuh," begitu narasi yang tersebar sebagaiman dikutip dari laman turnbackhoaks, Jumat, 9 Juli. 

Masyarakat Vietnam rupanya gemar meminum teh yang diseduh dicampur perasan lemon. Campuran ini dapat membunuh virus COVID sepenuhnya. 

"2 bahan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi bersifat alkali. Karena ketika malam tiba sistem tubuh menjadi asam. Kemampuan detensif juga akan berkurang. Itulah sebabnya orang Vietnam santai saja dengan menyebarnya virus covid 19. Di Vietnam rata2 semua orang minum segelas air panas dengan sedikit lemon di malam hari." 

Dengan khasiat ini, si pengunggah pesan mengajak agar informasi ini dibagikan kepada yang lain. Tapi sebentar dulu, benar demikian? 

Foto: Tangkap layar turnbackhoaks

Setelah melakukan penelusuran, diketahui narasi ini ternyata hoaks. Klaim yang menyebutkan tidak ditemukan kasus kematian akibat COVID di Vietnam karena masyarakatnya rajin mengonsumsi campuran lemon dengan air panas adalah hoaks berulang yang beredar sejak 2020.

Melansir dari turnbackhoax.id, hoaks yang sama setidaknya telah beredar sebanyak 4-5 kali. Berdasarkan perhitungan dari versi world o meters, per 3 Juli 2021 Vietnam tercatat telah mengalami 84 kasus kematian akibat COVID-19.

Kemudian terkait klaim yang menyatakan campuran air panas dengan lemon ampuh menjaga masyarakat Vietnam dari penyebaran COVID-19 juga merupakan hoaks.

"Sampai hari ini tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa campuran air panas dan lemon memang benar-benar ampuh untuk mencegah COVID-19 atau tidak," tulis turnbackhoaks

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih menyatakan bahwa hal tersebut belum terbukti benar dan belum ada penelitian ilmiahnya.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Raissa Edwina Djuanda juga menjelaskan bahwa asupan gizi dan antioksidan di dalam lemon memang berkontribusi terhadap pencegahan virus.

Namun meski begitu, bukan berarti lemon bisa membunuh virus corona, atau virus-virus lainnya yang ada dalam tubuh.