Gedung DPR Diusulkan Jadi RS Darurat COVID-19, La Nyalla Minta Beberapa Hal untuk Dipertimbangkan
FOTO ILUSTRASI (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA – Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, menilai usulan kompleks gedung MPR/DPR/DPD dijadikan sebagai rumah RS Darurat COVID-19 harus dipertimbangkan dan dikaji. 

Pasalnya, saat ditinjau oleh pimpinan DPR banyak kendala yang ditemukan, mulai dari lift yang tak bisa dimasuki tempat tidur, ruangan tidak memadai hingga kamar mandi.

“Kita harus ukur unsur efektivitas dan efisiensinya,” ujar La Nyalla kepada wartawan, Selasa, 13 Juli.

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam RS Darurat COVID-19

Sebelumnya, usulan kompleks parlemen disulap menjadi RS darurat pasien COVID-19 ini disampaikan Fraksi Demokrat DPR menyusul banyaknya rumah sakit yang penuh lantaran melonjaknya kasus Corona.

La Nyalla senator asal Jawa Timur itu mengingatkan harus memikirkan pula lokasi yang hendak dijadikan sebagai RS darurat. Harus dipertimbangkan aksesibilitasnya, sarana/prasarana maupun fasilitas yang ada bisa mendukung.

"Bagaimana dari segi perawatan dan sanitasinya, serta banyak hal lainnya. Kita harus memperhitungkan juga pengelolaan limbah medis agar tidak menimbulkan masalah baru,” jelasnya.

Menurut La Nyalla, apabila infrastruktur di kompleks parlemen tidak memadai untuk dijadikan sebagai rumah sakit darurat, pemerintah justru akan mengeluarkan dana yang besar jika harus mempersiapkan segala kebutuhan yang ada. Dari segi anggaran, kata dia, teb hal ini justru tidak akan berjalan efisien.

“Apalagi kompleks parlemen merupakan objek vital negara yang pengamanannya pun dilakukan secara khusus. Akan memerlukan persiapan yang ekstra, baik dari segi keamanan dan kenyamanan, bila kemudian disulap menjadi rumah sakit darurat,” kata La Nyalla.

RS Darurat COVID-19 Gunakan Gedung DPR Bukan Tak Mungkin

Meski begitu, La Nyalla menilai usul Fraksi Demokrat bukannya tidak mungkin dilakukan. Hanya saja, pertimbangan dan persiapan harus betul-betul dilakukan secara matang.

“Setiap aspirasi untuk keselamatan masyarakat pastinya sangat baik. Saya juga memahami usul tersebut merupakan bentuk kepedulian teman-teman di Demokrat yang ingin menunjukkan kepedulian wakil rakyat dalam kondisi seperti ini. Tapi mari kita serahkan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, untuk berhitung apakah efisien dan efektif bila kompleks parlemen menjadi salah satu lokasi rumah sakit darurat bagi pasien COVID-19,” tuturnya.

Menanggapi usulan tersebut, Setjen DPR telah melakukan simulasi. Hasilnya, ditemukan sejumlah kendala yang membuat sulit apabila kompleks DPR dijadikan lokasi RS Darurat pasien Corona.

Beberapa kendala seperti bed pasien yang tidak dapat dimasukkan ke lift. Kemudian ruang paripurna yang diusulkan menjadi bangsal, struktur lantainya menurun atau tidak rata sehingga tidak memungkinkan untuk ditaruh tempat tidur pasien.

Gedung-gedung di kompleks parlemen yang usianya sudah tua juga dianggap tidak ideal untuk menjadi lokasi perawatan. Bila membongkar ruang para wakil rakyat agar bisa dijadikan kamar pasien, pastinya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dari simulasi tersebut, tempat yang paling memungkinkan untuk digunakan sebagai lokasi rumah sakit darurat adalah lapangan seluas 80x90 meter yang berada di depan gedung Nusantara I. Di lokasi tersebut bisa dibangun tenda-tenda darurat untuk perawatan pasien COVID-19.

“Tapi kembali lagi harus dipikirkan fasilitas serta sarana/prasarana penunjang lainnya seperti kamar mandi dan ruangan yang lebih proper jika ada kasus-kasus sulit,” ucap LaNyalla.

Tempat untuk RS Darurat COVID-19 Tengah Disiapkan

Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan berbagai tempat yang memungkinkan dijadikan RS Darurat. LaNyalla menyarankan agar tempat-tempat pelatihan milik pemerintah diubah menjadi tempat perawatan pasien Corona.

“Pemerintah, baik pusat maupun daerah, punya banyak tempat pendidikan dan pelatihan yang saya yakin dalam kondisi pandemi ini, fungsinya belum banyak digunakan. Kita bisa manfaatkan lokasi tersebut karena di balai-balai Diklat itu kan punya banyak ruang-ruang aula dan juga kamar-kamar bagi peserta diklat,” ujar mantan Ketua Umum PSSI itu.

La Nyalla juga menilai, pemerintah bisa memanfaatkan hotel-hotel maupun tempat penginapan untuk dijadikan tempat perawatan pasien Covid. Selain bisa menampung pasien, pemerintah dapat membantu pemasukan hotel-hotel dan penginapan yang sekarang ini sepi pengunjung.

“Daripada harus membangun sarana/prasarana yang baru, manfaatkan saja yang memang sudah ada. Hanya tinggal disesuaikan peruntukkannya. Jadi saya pikir untuk memilih lokasi RS Darurat harus rasional, efektif, dan efisien,” kata La Nyalla.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gedung DPR Diusulkan Jadi RS Darurat COVID-19, Ketua DPD: Ukur Dulu Efektifitas dan Efisiensinya.

Selain terkait RS Darurat COVID-19, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.