Cek Fakta: Muncul Kabar Gibran Lumpuh Usai Terpapar COVID-19, Benarkah?
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA – Kanal YouTube @SUARA POLITIK baru-baru ini mengunggah sebuah video yang berisi kabar terbaru Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka usai terpapar COVID-19. 

Pada judulnya, si pengunggah menulisnya dengan kalimat yang bombastis. Isinya, " “BERITA TERBARU HARI INI~ISTANA BANJIR TANGIS,VIRUS MENGGROGOTI TUBUHNYA HINGGA BEGINI~VIRAL NEWS JKW.” Video diunggah pada 16 Juli lalu dan telah mendapat atensi penontot sebanyak 72.369 kali.

Gibran Lumpuh Usai Terpapar COVID-19

Ditambahkan pula pada judul bahwa kondisi Gibran lumpuh total. "KONDISI GIBRAN SEMAKIN MEMPRIHATINKAN,ISTANA BANJIR TANGIS.” 

Setelah ditonton rupanya video tidak mendukung narasi pada judul. Dikutip dari laman turnbackhoaks, Kamis, 22 Juli, pengunggah justru bercerita kondisi Gibran terkini setelah terpapar COVID beberapa waktu lalu 

"Video menceritakan tentang bagaimana Gibran dapat terpapar virus Corona," tulis turnbackhoaks.

Dilansir dari Antara, Senin, 19 Juli lalu, Gibrantelah mengumumkan sembuh alias negatif dari COVID-19 setelah sempat terpapar kurang lebih satu minggu. Gibran negatif COVID-19 pada Senin, 19 Juli.

"Saya sudah negatif dari dua hari lalu kok. Tinggal masa pemulihan," kata Gibran, Rabu, 21 Juli kemarin. 

Sebelumnya, pada Rabu, 14 Juli Gibran mengumumkan positif terpapar COVID-19 usai menjalani tes usap di Rumah Sakit Bung Karno (RSBK) Surakarta.

"Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama pengguna @SUARA POLITIK tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan atau misleading content," demikian turnbackhoaks. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Banjir Tangis, Gibran Dikabarkan Lumpuh Total Usai Terpapar COVID-19, Cek Faktanya!.

Selain terkait Gibran lumpuh usai terpapar COVID-19, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.