Tingkat Keterisian Tempat Tidur Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Surabaya Turun, Semula 90 Jadi 83 Persen
Ilustrasi (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA – Tingkat keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit yang ada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, sudah turun dari 90 persen menjadi 83 persen.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, mengatakan penurunan tingkat keterisian tempat tidur pasien (Bed Occupancy Rate/BOR) di rumah sakit di wilayahnya antara lain terjadi karena pemerintah menyediakan fasilitas kesehatan tambahan untuk menangani pasien COVID-19.

Pasien COVID-19 Berat Dirujuk ke Surabaya

Menurut dia, pendirian Rumah Sakit Lapangan Tembak Kedung Cowek dan Rumah Sakit Darurat di kompleks Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) berkontribusi pada penurunan tingkat keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit di wilayah Surabaya.

Ia menjelaskan, rumah sakit di wilayah Kota Surabaya selain menangani warga kota juga menerima rujukan pasien dari kota dan kabupaten lain di Jawa Timur.

"Karena Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jatim, semua ketika (kasus) berat dirujuk ke Surabaya," kata Eri di Surabaya, dilansir Antara, Selasa, 27 Juli.

"Kasus COVID-19 di Surabaya kalau melihat dari BOR-nya agak susah karena yang dirawat itu orang Surabaya atau bukan. Jadi harus dilihat secara gamblang, jadi jangan dilihat dari BOR-nya, tapi yang sembuh berapa," ia menambahkan.

Wali Kota juga mengemukakan bahwa jumlah pemakaman yang dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 juga menurun di wilayahnya selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Menurut data Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, jumlah jenazah yang dimakamkan sesuai protokol kesehatan menurun dari 105 jenazah pada 23 Juli 2021 menjadi berturut-turut 97 jenazah dan 98 jenazah pada 24 dan 25 Juli 2021.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurun, Tingkat Keterisian Tempat Tidur Pasien di Rumah Sakit Surabaya 83 Persen.

Selain terkait pasien COVID-19, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.