Sekjen PDIP Sebut Ada Pihak yang Melakukan Manuver Politik di Tengah Penanganan Pandemi
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membuka pelaksanaan pelatihan asisten nakes yang digelar secara daring dan luring (Foto: PDIP)

Bagikan:

SURABAYA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menginstruksikan semua pihak untuk bekerja sama dan gotong royong mengatasi COVID-19. Apalagi, pandemi ini berdampak luar biasa bagi pada kehidupan masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat membuka pelaksanaan pelatihan asisten tenaga kesehatan yang digelar secara daring dan luring dari Gedung Sekolah Partai PDIP, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:


"Penting bagi kita untuk berada dalam satu kesatuan gotong royong tanpa membedakan pilihan politik sebab ini persoalan bersama, persoalan Indonesia," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin, 2 Agustus.

Sekjen PDIP Ajak Semua Pihak Kedepankan Energi Positif

Meski begitu, dirinya menyinggung masih ada pihak yang melakukan manuver politik di tengah upaya penanganan pandemi. Padahal, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah bekerja keras untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul.

"Masih ada yang nyinyir dan melakukan manuver-manuver politik. Kalau sudah kerja untuk rakyat mungkin kritiknya bisa diterima tapi ada saja yang bicara tanpa melakukan apa-apa," tegas Hasto.

Sehingga, dia mengajak semua pihak untuk mengedapankan energi positif dan juga mau bergotong royong. "Kita harus punya kesadaran bahwa masyarakat kini sedang mengalami kondisi tak mudah dalam pandemi," ungkap Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menyebut asisten tenaga kesehatan yang dilatih partainya bukan hanya diikuti anggota maupun partisipan PDIP. Menurutnya, rekrutmen peserta diikuti oleh masyarakat umum karena merupakan kerja kemanusiaan sesuai dengan pesan Megawati Soekarnoputri.

Nantinya, para peserta yang sudah dilatih menjadi asisten tenaga kesehatan akan diintegrasikan dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di pusat maupun daerah. Sehingga, mereka bisa aktif terlibat menangani pandemi.

Peserta yang ikut pelatihan berjumlah 982 orang dengan rincian 258 peserta laki-laki dan 726 peserta perempuan. Mereka terdiri dari jenjang pendidikan SMK Kesehatan hingga Diploma 1, Diploma 3, dan Sarjana Strata 1 bidang Kesehatan.

"Mari bekerja dengan semangat agar memastikan rakyat lebih baik. Mari kita kesampingkan motif politik elektoral. Namun mengutamakan bahwa rakyat bisa semakin menemukan optimisme dalam menghadapi pandemi," ungkap Hasto.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPP PDIP bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak, Sri Rahayu, dan Ketua DPP PDIP bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning secara langsung. Sementara secara daring hadir Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Selain itu, hadir juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito, Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, dan sejumlah ahli kesehatan yang akan berbagi pengalaman serta panduan dalam menghadapi pandemi ini.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ingatkan Pandemi COVID-19 Persoalan Bersama, PDIP Singgung Ada Pihak Lakukan Manuver Politik.

Selain terkait PDIP, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.

Terkait