Tren COVID-19 di Jatim Turun, Gubernur Khofifah Lirik Uji Coba Sektor Wisata
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan siap melakukan uji coba beberapa sektor pariwisata, setelah Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa tren COVID-19 di Jatim turun. Artinya wilayah tersebut bebas dari PPKM Level IV dan bebas dari zona merah.

"Sangat mungkin akan ada uji coba di beberapa sektor pariwisata. Saat ini, beberapa sektor pariwisata sudah mengajukan aplikasi PeduliLindungi. Artinya, bahwa mal sudah mengajukan, wisata yang lain juga," kata Khofifah dikutip Antara, Kamis, 9 September.

Dia mengatakan, uji coba tersebut harus diiringi dengan protokol kesehatan yang tepat, dan percepatan vaksinasi di semua lini.

Uji Coba Sektor Wisata di Tengah Turunnya Tren COVID-19 di Jatim

Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata Kadin Jatim Dwi Cahyono yang hadir dalam Rapimprov mangatakan pada tahun 2018 sampai 2019 pemerintah pusat telah menetapkan pariwisata akan menjadi leading sektor dalam perekonomian Indonesia.

"Itu sungguh luar biasa dan tidak ada yang mengira ternyata pariwisata sangat terpuruk di masa pandemi ini," katanya.

Dwi yang juga Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim ini mengakui keterpurukan sektor pariwisata di masa pandemi karena pariwisata ada faktor penggerak.

"Kalau tidak ada pergerakan, tidak ada wisata, tidak ada bisnis. Kita lihat Bali, betul-betul mati. Sekarang ini, pariwisata adalah dasar penggerak, dan saat pandemi pergerakannya dilarang. Tidak hanya hotel dan restoran yang mati, tetapi toko souvenir dan semuanya terdampak, terhenti karena pergerakan dibatasi," katanya.

Karena dibatasi, kata dia, perilaku masyarakat menjadi berubah, dan lebih ke prioritas kebutuhan dasar, sementara pariwisata menjadi kebutuhan ketiga dan keempat.

"Sekarang, mau tidak mau harus melakukan risk management, efisiensi energi dan SDM. Harus inovatif, layanan yang ditawarkan harus inovatif dan variatif," ujarnya.

Dia mengatakan, Kadin Jatim juga sedang melakukan koordinasi, membuat peta jalan peningkatan sektor pariwisata.

Kadin berharap kepada pemerintah agar ada relaksasi dan restrukturisasi kredit perbankan, subsidi okupansi, subsidi pembayaran pajak, termasuk energi dan SDM, BPJS dan lain sebagainya.

"Untuk target pasar, saat ini kami fokus pada pasar domestik dan kepastian bundling, kepastian acara yang akan digelar oleh pihak kedua, di lokasi wisata," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jatim Bebas Zona Merah, Khofifah Nyatakan Siap Uji Coba Sektor Pariwisata.

Selain terkait tren COVID-19 di Jatim, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.