Gubernur Khofifah Minta Soegondo Djojopoespito Diajukan Sebagai Pahlawan Nasional
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mendapat permintaan spesial Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar mengajukan nama Soegondo Djojopoespito sebagai Pahlawan Nasional.

"Soegondo Djojopoespito adalah pemuda asal Tuban yang memimpin Sidang Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928," kata Khofifah di Kabupaten Tuban, dilansir Antara, Kamis, 28 Oktober.

Nama Soegondo Djojopoespito Pernah Diajukan

Melalui siaran pers diterima di Surabaya, Khofifah berharap bahwa Bupati Lindra segera melengkapi berkas persyaratan pengajuannya ke pemerintah pusat.

Permintaan untuk mengajukan nama Soegondo jadi Pahlawan Nasional sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta juga sempat mengajukan karena keberadaan makamnya ada di Yogya.

"Tapi dalam catatan yang sampai ke saya ada dokumennya yang belum lengkap. Jadi mohon berkas pengajuan segera diajukan oleh Pemkab Tuban dan dilengkapi kemudian diteruskan ke provinsi untuk segera diajukan ke dewan gelar nasional," terangnya.

Soegondo Djojopoespito Terlibat di Sumpah Pemuda

Soegondo tidak hanya jadi tokoh aktif dalam Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), ujar Khofifah, namun juga putra Jawa Timur yang berperan penting atau memberi inspirasi terhadap peristiwa Sumpah Pemuda sampai berhasil diikrarkan.

"Atas perjuangan tersebut, sudah sepatutnya kita mengusulkan beliau menjadi pahlawan nasional," kata mantan menteri sosial tersebut.

Di sisi lain, untuk tahun ini Gubernur Khofifah menyatakan dukungannya agar pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Syaikhona Kholil.

Kiai Asal Bangkalan Jadi Pahlawan Nasional

Syaikhona Kholil yang merupakan kiai kharismatik asal Bangkalan, Madura, tersebut merupakan salah seorang tokoh ulama yang dinilai mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan pendidikan Islam di Tanah Air.

Selain itu, kiai yang merupakan guru dari para ulama di tanah Jawa dan Madura itu juga berkontribusi dalam perjuangan melawan penjajah Belanda di masa perang merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Minta Bupati Tuban Ajukan Soegondo Jadi Pahlawan Nasional.

Selain terkait Soegondo Djojopoespito, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.