Daftat 22 Bank yang Turunkan Patokan Tarif Transfer Antarbank Jadi Rp2.500, Cek Punyamu Sekarang!
Ilustrasi ATM (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Bagi Anda yang sering melakukan transfer antarbank patut berbahagia. Pasalnya, Bank Indonesia menurunkan biaya tarif transfer antarbank dari yang semula Rp6.500, menjadi Rp2.500 per transaksi.

Kebijakan penurunan tarif transfer dinilai akan menguntungkan nasabah. Namun untuk saat ini penurunan belum berlaku di semua bank di Indonesia. Penurunan biaya transfer antarbank sendiri berlaku dalam berbagai layanan, mulai dari tarik transfer antar bank melalui ATM, internet banking, dan mobile banking akan berlaku biaya maksimal Rp2.500 per transaksi.

Tarif Transfer Antarbank Berlaku Bulan Depan

Implementasi BI Fast Payment atau BI Fast sendiri akan dilakukan pada pekan kedua Desember tahun ini. Lewat sistem tersebut biaya transfer antar bank hanya akan dikenakan tarif maksimal Rp2.500.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, penerapan BI Fast diterapkan ke berbagai instrumen keuangan perbankan. Dengan begitu tak hanya terbatas kartu debit atau kredit saja.

"Instrumennya bisa menggunakan nota debit kredit, bisa menggunakan uang elektronik, bisa menggunakan kartu (APMK)," ujar Fili dalam Taklimat Media BI, Rabu 3 November kemarin.

Penurunan Tarif Transfer Antarbank Berlaku di Semua Kanal Perbankan

Selain itu, penerapan biaya transfer antar bank Rp2.500 akan berlaku di seluruh kanal perbankan. Namun, hal ini akan dilakukan secara bertahap.

"Bisa menggunakan mobile banking, bisa menggunakan ATM, EDC, bisa internet banking, bisa lewat agen juga. Nasabah bisa melakukan transaksi melalui berbagai instrumen dan berbagai kanal pembayaran," tambah dia.

Fili menjelaskan, pada tahap pertama, nasabah dapat menggunakan BI Fast untuk setiap transaksi dengan nominal maksimal Rp250 juta. Angka tersebut ditetapkan oleh bank sentral mengingat BI Fast difokuskan untuk transaksi segmen ritel.

Sementara bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi dengan nominal di atas Rp250 juta, masih bisa menggunakan Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dengan nominal transaksi maksimal Rp1 miliar.

Daftar Bank yang Turunkan Tarif Transfer

Adapun pada tahap pertama, BI Fast akan diimplementasikan oleh 22 bank, termasuk menerapkan biaya transfer antar bank Rp2.500 per transaksi pada pekan kedua Desember 2021. Berikut ini ke-22 bank tersebut:

1. BTN
2. DBS Indonesia
3. Permata Bank
4. Bank Mandiri
5. Danamon
6. CIMB Niaga
7. BCA
8. HSBC Indonesia
9. UOB Indonesia
10. Bank Mega
11. BNI
12. BSI
13. BRI
14. OCBC NISP
15. UUS BTN
16. UUS PemataBank
17. UUS CIMB Niaga
18. UUS Danamon
19. BCA Syariah
20. Bank Sinarmas
21. Citibank NA
22. Bank Woori Saudara

Artikel ini telah tayang dengan judul BCA, BRI, BNI, Mandiri, hingga Perusahaan Milik Konglomerat Chairul Tanjung: Ini 22 Bank yang Biaya Transfer Antarbank Turun Jadi Rp2.500.

Selain terkait tarif transfer antarbank , dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.