Transformasi Digital Kunci Sukses Pengelolaan Organisasi Pemerintahan dan Bisnis
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangkaian penghargaan TOP DIGITAL Awards Tahun 2021, Majalah ItWorks/Itworks.id, menggelar Webinar Series bertema “Accelerating Digital Transformation in Business & Government” pada Kamis 16 Desember.

Diikuti ratusan peserta dari institusi pemerintah maupun dunia bisnis dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, webinar ini menghadirkan sejumlah pembicara expert (ahli atau pakar) dari berbagai instansi pemerintah maupun korporasi untuk membagikan pengalamannya terkait pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam perjalanan transformasi digital di organisasi dan institusi mereka masing-masing.

Saat ini, organisasi baik pemerintahan dan korporasi bisnis, telah menjalankan Transformasi Digital sebagai kunci keberhasilan dalam upaya mereka meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan atau masyarakat. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pun jadi pemicu untuk melakukan akselerasi atau mempercepat proses Transformasi Digital.

Transformasi Digital secara sederhana dapat diartikan sebagai optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informatika (TI) dalam operasional suatu organisasi dengan melibatkan penggunaan teknologi terkini (cloud, big data, machine learning, IoT, dll).

Ketua Penyelenggara Webinar, M Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi Majalah ItWorks/Itworks.id dalam laporannya mengatakan, TOP DIGITAL Awards diselenggarakan setiap tahun oleh majalah ItWorks, dengan didukung oleh para Pakar dan Dewan Juri dari berbagai asosiasi TI, seperti MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia), APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), FTII (Federasi Teknologi Informasi Indonesia) ASPILUKI (Asosiasi Piranti Lunak Indonesia), IDTUG (Indonesia Telecommunication User Group), dan LKN (Lembaga Kajian Nawacita).

“Dari sejak tahun pertama penyelenggaraan, yakni tahun 2016, TOP DIGITAL Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran. Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan, terkait aspek-aspek pembelajaran dalam kegiatan TOP DIGITAL Awards,” ujarnya.

Beberapa hal penting dari kegiatan ini, di antaranya pertama, di akhir Wawancara Penjurian, ada sesi nilai tambah, di mana Dewan Juri dapat memberikan pendapat, saran, dan masukan-masukan perbaikan kepada peserta. Kedua, selaku penyelenggara, kami juga memberikan kesempatan kepada setiap peserta, untuk dapat seat in atau mengikuti sesi presentasi wawancara penjurian peserta lain, selama yang diikuti adalah bukan kompetitor bisnisnya.

Ketiga, kegiatan webinar sebagai sesi sharing. dapat berdiskusi dan belajar bersama, dari para kandidat pemenang penghargaan TOP DIGITAL Awards. Keempat, Majalah ItWorks, dapat menjadi salah satu sumber informasi dan referensi utama, terkait perkembangan solusi bisnis di Indonesia.

Kelima, majalah ItWorks selaku penyelenggara TOP DIGITAL Awards, dengan didukung Dewan Juri yang sudah menilai/ mengevaluasi/ mengamati banyak peserta, dapat berfungsi sebagai jembatan, atau dapat pula berperan untuk memfasilitasi studi banding antar peserta.

Keenam, Dewan Juri melihat banyak kemajuan yang sudah dicapai oleh para peserta. Namun demikian, ada juga hal-hal yang masih perlu ditingkatkan/ diperbaiki.

“TOP Digital Awards adalah kegiatan pembelajaran dan penghargaan bidang implementasi teknologi informatika/digital, tingkat nasional yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia,” tandas Lutfi.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam sambutan pembukaan menyatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia sangat menyambut baik webinar bertema “Accelerating Digital Transformation in Business & Government” yang merupakan rangkaian dari penghargaan “TOP DIGITAL Awards 2021”.

“Kegiatan TOP DIGITAL Awards yang diselenggarakan oleh majalah ItWorks ini, sangat selaras dengan arah kebijakan Presiden RI yang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya. Oleh karenanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, sangat mendukung kegiatan Webinar ini, yang merupakan rangkaian dari kegiatan penghargaan TOP DIGITAL Awards ini,” ujarnya.

Pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan Smart City dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital di instansi pemerintahan.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 14 Desember 2021, Kemenkominfo RI menggelar Forum Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo). Kegiatan ini bertujuan mengukuhkan peran Diskominfo dalam mendukung terwujudnya pemerintahan cerdas (smart governance) melalui penerapan SPBE.

Dalam acara ini juga dilakukan penutupan Program Gerakan Menuju Smart City 2021 yang diisi dengan penghargaan kepada daerah dari kota/kabupaten yang dinilai berprestasi dalam menginisiasi program smart city yang ada di daerahnya yang penghargaannya disampaikan oleh Menkominfo RI, Johnny G. Plate.

Mengingat peran krusial SPBE dalam meningkatkan layanan ke masyarakat, Forum SPBE ini juga didukung kementerian lain seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PANRB, dan Kementerian Keuangan.

“Di tahun 2021 ini ada sebanyak 100 kota/kabupaten yang berhasil mengikuti implementasi program kota cerdas (smart city) tahun 2021 dan 48 kota/kabupaten yang berada pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Kawasan Ibu Kota Negara Baru berhasil menyusun masterplan kota cerdas (smart city). Dengan mengikuti gerakan ini, kota/kabupaten tersebut telah memiliki rencana induk (masterplan) pembangunan berbasis smart city yang akan mengakselerasi industri pariwisata sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” ujarnya.