Pulihkan Roda Ekonomi di Surabaya, Wali Kota Eri Buat Program Padat Karya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya mencanangkan dimulainya program padat karya. Hal itu dilakukan demi menggerakkan lagi roda ekonomi di Surabaya, Jawa Timur yang terdampak selama pandemi COVID-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, program pemulihan ekonomi masuk dalam agenda prioritasnya, selain itu ada pula agenda penanganan pandemi COVID-19 dan perlindungan sosial.

"Makanya kami canangkan Maret sebagai dimulainya rangkaian program padat karya," katanya di Surabaya, Senin 21 Februari.

Ia menjelaskan bahwa skema terkait program padat karya tersebut saat ini telah disiapkan. Harapannya agar program tersebut mampu menggerakkan ekonomi secara lebih masif, berujung pada penyerapan tenaga kerja dan pengurangan kemiskinan.

Eri mengatakan, ada tiga strategi yang akan digunakan dalam program padat karya yakni strategi pertama berupa padat karya berbasis usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang juga termasuk di dalamnya PKL (pedagang kaki lima).

"Saat ini Pemerintah Kota Surabaya sudah menyiapkan sejumlah program intervensi untuk UMKM dan PKL," kata Wali Kota.

Prioritas Menggerakkan Ekonomi di Surabaya 

Menurut dia, dalam satu-dua bulan terakhir ini, salah satu yang dimasifkan adalah mendampingi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM melalui Online Single Submission (OSS) atau sistem pelayanan untuk mempercepat pelaksanaan berusaha.

"Ini adalah pintu untuk berbagai intervensi yang akan saya kebut. Ada bantuan pelatihan manajemen, bantuan alat usaha, nanti juga ada jembatan permodalan ke perbankan dan sebagainya," ujar Eri.

Strategi kedua, lanjut dia, adalah optimalisasi dan percepatan belanja APBD dengan melibatkan pelaku usaha lokal termasuk UMKM. Demikian pula program padat karya berbasis infrastruktur akan terus dioptimalkan, sehingga banyak tenaga kerja bisa dilibatkan.

"APBD harus dinikmati warga Surabaya. Kami terus belanjakan APBD untuk memberi nilai tambah ke ekonomi lokal, termasuk lewat program padat karya berbasis infrastruktur kampung-kampung," katanya.

Strategi ketiga, lanjutnya, memfasilitasi kolaborasi korporasi besar maupun investor untuk bermitra dengan UMKM Kota Pahlawan.

Rencana Investasi

Saat ini, ujar dia, sejumlah rencana investasi telah siap direalisasikan. Surabaya juga dinilai konsisten mencatatkan diri sebagai destinasi investasi utama nasional, dengan capaian investasi Rp29,22 triliun pada 2021, tertinggi kedua di Tanah Air.

"Investor yang masuk ke Surabaya pastinya akan membutuhkan mitra untuk menunjang supply chain bisnis maupun operasional perusahaannya. Di situlah pintu kolaborasi dengan UMKM terbuka, dan akan kami fasilitasi," kata Eri.