Dorong Ekspor Udang, LPEI Fasilitasi Desa Devisa di Situbondo Jawa Timur
Foto: Dok. LPEI

Bagikan:

JAKARTA – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank disebutkan terus menguatkan komitmen untuk mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian nasional.

Terbaru, Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan itu meresmikan Desa Devisa Klaster Udang di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi komoditas unggulan ekspor.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI Gerald Grisanto mengatakan. Desa Devisa yang dimaksud memiliki sekitar 20 petambak udang yang tersebar di 4 kecamatan dan 6 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

“Sebagai tindak lanjut kami memberikan alat produksi berupa kincir air kepada petambak sebagai wujud pendampingan dari aspek produksi dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu, 7 Desember.

Menurut Gerald, alat produksi yang diberikan LPEI berjumlah 10 unit dengan penerima manfaat sebanyak 80 petambak.

“Kincir air yang diberikan berfungsi untuk meningkatkan kapasitas produksi petambak dengan mengurangi potensi gagal panen udang karena jika satu kincir air rusak akan terdapat kincir air lainnya sebagai back-up, sehingga sirkulasi oksigen dalam tambak masih terjaga,” tuturnya.

Gerald menambahkan, LPEI akan terus melakukan monitoring bersama PT Panca Mitra Multi Perdana sebagai mitra bisnis para petambak udang atas pendampingan Desa Devisa Klaster Udang yang telah dilakukan.

“Sebagai wujud dukungan untuk mengukuhkan ekspor nasional, LPEI akan giat memberikan pendampingan secara berkesinambungan melalui program Desa Devisa pada daerah dengan komoditas potensi ekspor. Hal ini kami lakukan untuk menciptakan kepastian hasil panen petambak serta mengembangkan kapasitas dan daya saing produk,” tegas dia.

Sebagai informasi, Program Desa Devisa merupakan salah satu program pelatihan LPEI yang diberikan kepada klaster penghasil komoditas unggulan yang memiliki potensi ekspor.

Tujuan Desa Devisa adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta daya saing komoditas yang sesuai dengan standar ekspor dan dapat memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.