10 Manfaat Manajemen Waktu yang akan Dirasakan oleh Seseorang
Ilustrasi manajemen waktu (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak banyak orang menyadari manfaat manajemen waktu untuk kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berdampak pada kesuksesan seseorang di kemudian hari, manajemen waktu juga bisa berdampak pada Kesehatan mental.

Sayangnya kebiasaan untuk melakukan pengelolaan waktu tidak ditanamkan sejak dini. Dampak dari tidak dibiasakannya pengelolaan waktu bisa dirasakan sampai dewasa. Lalu seberapa pentingkah manfaat manajemen waktu bagi seseorang?

Manfaat Manajemen Waktu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Artinya, manajemen bisa dikaitkan dengan peningkatkan efektivitas dalam kegiatan, yang dalam kasus ini berpatokan pada waktu.

Sedangkan manajemen waktu, secara umum, adalah upaya seseorang untuk mengatur, membagi, atau mengendalikan waktu untuk mencapai efektivitas pekerjaan atau kegiatan dalam 24 jam. Upaya manajemen waktu juga berhubungan dengan keseimbangan antara kegiatan dan waktu yang tersedia.

Tujuan dilakukannya manajemen waktu adalah agar seseorang bisa memaksimalkan hasil pekerjaan atau kegiatan dalam time line tertentu. Selain itu manajemen ini bertujuan untuk mengurangi kinerja yang kurang efektif dalam periode tertentu.

Manfaat manajemen waktu dampaknya sangat besar dan bisa dirasakan oleh pelakunya, asal dilakukan dengan baik. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan.

  1. Hidup lebih tertata

Dalam sehari, semua orang hanya memiliki waktu 24 jam dan hal tersebut sifatnya mutlak. Sedangkan kegiatan yang dimiliki seseorang bisa naik turun atau fluktuatif. Agar kegiatan dan waktu bisa berjalan dengan seimbang, manajemen waktu sangat diperlukan agar hidup lebih tertata.

  1. Menghindari stress

Salah satu pemicu stress adalah menumpuknya pekerjaan atau kegiatan yang harus dilakukan dalam 24 jam. Untuk menghindarinya, sangat disarankan untuk melakukan pengelolaan waktu dengan baik.

  1. Menghindari penurunan kualitas tidur

Manajemen waktu juga berdampak pada kualitas tidur. Dalam sehari, seseorang bisa mengatur sendiri seberapa lama ia membutuhkan tidur sebagai bagian dari istirahat di tengah menumpuknya pekerjaan. Jika pengaturan ini berjalan, risiko penurunan kualitas tidur bisa dihindari.

  1. Pikiran tidak bercabang dan mudah fokus

Salah satu pemicu pikiran bercabang yang membuat seseorang kehilangan fokusnya adalah karena kegagalan manajemen waktu. Kehilangan fokus tidak hanya berdampak pada kehidupan sehari-hari, berdampak pula pada hasil pekerjaan.

  1. Pekerjaan lebih maksimal

Tahukah Anda bahwa melakukan manajemen waktu dengan baik justru akan memaksimalkan hasil pekerjaan. Artinya pekerjaan jadi lebih efektif dan hasilnya juga lebih baik.

  1. Lebih produktif

Manajemen waktu juga berdampak pada produktivitas seseorang, terutama dalam ranah pekerjaan. Banyak seniman atau pebisnis yang meraih kesuksesan karena kepiawaian mereka dalam mengelola waktu yang dimiliki.

  1. Melatih rasa tanggung jawab

Secara tidak langsung orang yang mampu melakukan manajemen waktu berarti orang yang bertanggung jawab atas beban yang ia emban. Melakukan kegiatan ini juga akan melatih rasa tanggung jawab terhadap kewajiban yang harus ditunaikan.

  1. Meningkatkan rasa disiplin

Kedisiplinan berhubungan erat dengan waktu. Saat seseorang bisa menjalankan jadwal yang telah disusun sendiri, bisa dikatakan orang tersebut memiliki sifat yang disiplin.

  1. Melatih kerja cerdas

Di era sekarang, kerja kerasa saja tidak cukup, Anda harus bisa menerapkan kerja cerdas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kerja cerdas juga sangat berhubungan erat dengan manajemen waktu yang baik.

  1. Meningkatkan citra positif

Citra positif adalah kesan baik yang melekat pada seseorang. Citra baik ini muncul dari orang lain dan terbentuk karena hal-hal positif yang sudah dilakukan seseorang sebelumnya.

Itulah manfaat manajemen waktu bagi seseorang. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.