KAI Siapkan Jasa Porter Gratis untuk Penumpang Lansia dan Difabel di Stasiun Pasar Senen
Layanan porter kereta api PT KAI. (Foto: Dok. KAI)

Bagikan:

JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta menyediakan layanan porter gratis bagi para penumpang kereta api jarak jauh untuk peningkatan layanan saat periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Stasiun Pasar Senen.

Jasa porter dikhususkan untuk para pelanggan yang akan melalui jalur penyeberangan bawah (underpass) untuk menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4.

"Petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada VOI, Minggu, 25 Desember.

Eva menjelaskan, layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang kereta api (KA) yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.

"Untuk itu, para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur 3 dan 4 dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut," ujarnya.

Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih juga masih ada, untuk membantu pelanggan KA di area Stasiun.

Seperti diketahui, pada masa Nataru Stasiun Pasar Senen merupakan Stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi. Sejak Jumat, 23 Desember, terdapat sekitar 23 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Sementara untuk hari Minggu, 25 Desember tercatay ada 18.800 penumpang berangkat. Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember kemarin.

Namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang.

Terkait