6 Jenis Investasi Aman untuk Milenial yang Berisiko Kecil Namun Tetap Untung
Ilustrasi investasi (Skitterphoto-Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebenarnya ada banyak jenis investasi aman bagi milenial. Keamanan didasarkan pada kecilnya risiko namun tetap ada peningkatan keuntungan yang bisa didapat. Disebut aman karena investasi ini mempertimbangkan kondisi finansial para milenial yang belum stabil atau milenial yang masih dalam tahap belajar.

Tidak hanya terkait dengan untung-rugi, investasi untuk milenial juga lebih terjangkau dan bisa dibeli dengan modal yang sesuai dengan kantong milenial.

Investasi untuk Milenial

Jenis investasi untuk anak muda harus mempertimbangkan beberapa hal yakni untung-rugi, modal, dan jangka waktu. Ketiganya bisa disesuaikan dengan kondisi dan tujuan investor muda. Beberapa jenis investasi yang bisa dicoba kaum muda adalah sebagai berikut.

  1. Deposito

Deposito adalah jenis investasi yang berupa penyimpanan uang di rekening bank dengan sistem berjangka. Artinya nasabah bisa mendepositkan uangnya di bank dan tak boleh dilakukan penarikan dalam jangka waktu tertentu. Pencairan baru boleh dilakukan setelah jatuh tempo yang telah ditentukan.

Setiap bank memiliki layanan deposito yang bisa digunakan untuk investasi milenial. Jangka waktu yang tersedia pun beragam mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Sedangkan bunga yang diberikan untuk nasabah juga menjanjikan keuntungan. Investasi ini sangat cocok untuk milenial karena risikonya sangat kecil.

  1. Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)

Reksa Dana Pasar Uang adalah jenis investasi reksa dana yang dilakukan dengan bantuan Manager Investasi (MI). Uang investor akan diinvestasikan oleh seorang MI ke instrumen Pasar Uang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Sedangkan instrumen Pasar Uang misalnya Sertifikat Utang Negara (SUN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Obligasi, Sukuk, dan lainnya.

Investasi ini terbilang aman untuk investor milenial pemula karena dibantu oleh Manager Investasi yang memiliki pengetahuan lebih di bidang investasi. Cara investasi reksa dana pasar uang juga sangat mudah karena banyak perusahaan investasi yang legal dan menyediakan investasi reksa dana. Cara beli reksa dana juga sangat mudah sehingga cocok untuk milenial.

  1. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang berisi janji atau kontrak dari penerbit untuk memberikan imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang di akhir waktu yang sudah ditentukan. Obligasi memiliki kelebihan yakni memberikan keuntungan dan risiko yang stabil jika dibandingkan dengan saham.

Ada beberapa jenis obligasi yakni obligasi pemerintah, obligasi ritel, dan obligasi korporasi. Dua obligasi pertama sama-sama diterbitkan oleh pemerintah, sedangkan obligasi korporasi diterbitkan oleh perusahaan. Jenis investasi ini bisa dicoba oleh kaum milenial karena risikonya cenderung kecil sehingga uang tidak hilang.

  1. Emas Fisik

Investasi ini sebenarnya tak mengenal usia karena bisa dimiliki oleh anak muda hingga orang tua. Investasi ini sangat disukai karena cenderung aman dan memberikan keuntungan yang nyata. Emas fisik bahkan menjadi salah satu jenis investasi yang masih populer di Indonesia hingga saat ini.

Emas fisik bisa berupa batangan yang diterbitkan oleh Antam atau bisa berupa perhiasan. Pencairan uang pada investasi emas fisik juga cenderung lebih cepat sehingga banyak dipilih.

  1. Emas Digital

Selain fisik, ada pula emas digital yakni jenis emas sebesar 24 karat yang bisa disimpan dengan cara digital. Meski berupa digital, emas jenis ini tetap bisa diwujudkan dalam bentuk fisik. Pembelian emas digital juga bisa dilakukan secara online dan bisa disimpan secara online sehingga lebih praktis baik dalam pembelian maupun penyimpanan. Selain itu jenis investasi ini sangat ramah untuk milenial karena tak membutuhkan modal banyak.

  1. Properti

Investasi dalam bentuk properti memang butuh modal besar, namun sangat efisien dalam menjanjikan keuntungan. Sehingga wajar jika banyak anak muda akan memilih menyimpan uang mereka dalam bentuk properti.

Itulah informasi terkait investasi untuk milenial. Untuk mendapat informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.