Usulkan Cuti Bersama Dimajukan Mulai 19 April, Menhub Budi Karya: Keinginan Mudik Tinggi Sekali
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan agar cuti bersama Idulfitri atau Lebaran 2023 dimajukan mulai 19 hingga 25 April.

Budi mengatakan jika mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, cuti bersama dimulai pada 21 April hingga 26 April.

“Kami tadi bersama sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari jadi mulai tanggal 19 sudah libur tapi masuknya 26. Jadi tambah satu hari tetapi maju dua hari,” ujarnya dalam konferensi pers di Istana Negara, dikutip dari Sekretariat Presiden, Jumat, 24 Maret.

Budi mengungkapkan alasan pihaknya mengusulkan untuk memajukan tanggal cuti bersama karena agar tidak terjadi penumpukan pemudik. Apalagi, kata dia, animo masyarakat sangat tinggi untuk mudik.

“Alasannya kenapa karena secara tradisional keinginan akan mudik ini tinggi sekali dengan volume yang banyak. Kalau dilihat itu tertuju pada hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yang luar biasa. Sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai dari tanggal 18 sore, 19, 20, dan 21. Ada empat hari mereka mudik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan berdasarkan catatannya, asal pemudik tahun ini paling banyak berasal dari Jawa Timur (Jatim).

“Tetapi tujuan paling banyak itu Jawa Tengah. Nah karenanya memang jalur Cipali adalah satu yang paling tinggi tingkat kemacetannya dan kita harus menggunakan rekayasa lalu lintas yang intensif,” tuturnya.