Keuntungan Ikut Bazar bagi Pelaku UKM, Tidak Sekadar Datangkan Cuan
Bazar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Event bazar menjadi salah satu wadah untuk mendongkrak aktivitas ekonomi Usaha Kecil Menengah (UMKM). Bazar merupakan kegiatan untuk memamerkan serta memasarkan produk buatan masyarakat agar dikenal lebih luas. Lantas apa keuntungan ikut bazar bagi pelaku usaha?

Bazar biasanya digelar dalam beberapa hari di tempat yang strategis didatangi banyak orang. Di kegiatan bazar, space lapak yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha atau UKM untuk berdagang. Kegiatan bazar ini dinilai efektif meningkatkan penjualan pelaku usaha karena banyaknya pengunjung ke lokasi tersebut. 

Pelaku UKM harus memanfaatkan kegiatan bazar yang ada untuk mengenalkan dan memasarkan produknya. Apa saja keuntungan ikut bazar bagi pelaku bisnis?

Keuntungan Ikut Bazar bagi Pelaku Usaha

Acara bazar cukup berguna untuk memutar ekonomi masyarakat. Berbagai elemen masyarakat atau pelaku usaha dapat menjual berbagai jenis produk di program bazar. Itulah mengapa bazar selalu dinantikan para pelaku usaha.

Berikut ini sejumlah keuntungan dari mengikuti even bazar:

Menggaet Pembeli

Even bazar selalu menarik untuk didatangi karena di sana terdapat berbagai produk yang dijual. Ramainya pengunjung bazar semakin meningkatkan potensi penjualan produk bagi pelaku usaha yang buka lapak di sana. Anda bisa secara langsung menawarkan produk Anda kepada pengunjung yang melewati stand Anda. Meski hanya berjalan selama beberapa hari, namun kegiatan ini cukup efektif mendatangkan pembeli bagi peserta bazar. 

Memperkenalkan Brand

Kegiatan bazar juga disebut sebagai acara pameran produk. Di even bazar, pelaku usaha bisa menampilkan produknya supaya dikenali oleh masyarakat, khususnya pengunjung bazar. Dengan cara ini branding produk Anda bisa berjalan sehingga semakin dikenal oleh masyarakat lebih luas. 

Strategi branding merek atau produk ini juga terbantu oleh penyelenggara bazar. Biasanya penyelenggara bazar akan mempromosikan acaranya melalui media sosial seperti IG, TikTok, dan platform lainnya. Secara tidak langsung langkah tersebut juga membantu branding produk Anda. 

Melatih Mental Bisnis

Acara bazar juga menjadi kesempatan untuk melatih mental bisnis, terutama para pelaku usaha muda atau pemula. Dengan ikut bergabung stand di bazar, Anda bisa belajar cara manajemen usaha selama beberapa hari, manajemen waktu, memasarkan produk, berkomunikasi dengan pembeli dan sebagainya. 

Demikianlah sejumlah keuntungan ikut bazar bagi UKM atau pelaku usaha. Jadi apabila Anda seorang pelaku bisnis, maka ketika ada bazar manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk mengembangkan brand Anda dan melatih mental berbisnis.