5 Platform Live Shopping Alternatif Pengganti TikTok Shop, Banyak Jalan Raup Cuan
platform live shopping alternatif selain TikTok Shop (foto: dok.freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penutupan TikTok Shop membuat banyak orang kecewa, apalagi bagi content creator atau seller yang kerap melakukan live streaming. Sebelum fitur belanja online ini dihapuskan dari TikTok, cukup banyak pengguna memanfaatkannya sebagai ladang cuan. Namun Anda tidak perlu bingung lagi, karena ada platform live shopping alternatif selain TikTok Shop.

Sebelum TikTok Shop dilarang oleh pemerintah, para seller sering berjualan online melalui live streaming. Cara jualan ini terbukti mampu mengundang perhatian calon pembeli dan berhasil mendatang penghasilan besar. Sayangnya kini para seller tak bisa lagi melalkukan live shopping dari TikTok Shop. 

Meski cukup mengganggu aktivitas bisnis banyak orang, para seller harus menerima kebijakan ditutupnya TikTok Shop oleh Menteri Perdagangan melalui Permendag Nomor 31/2023. Bagi para seller, masih ada sejumlah platform live shopping alternatif selain TikTok Shop yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan secara online. 

Platform Live Shopping Alternatif selain TikTok Shop

Penutupan TikTok Shop memang menjadi polemik di masyarakat karena dinilai merugikan para seller. Apalagi fitur live streaming cukup efektif membantu para seller menjangkau calin pembeli secara lebih luas. 

Namun dibanding berlarut-larut dalam kekecewaan, lebih baik para seller memikirkan cara lain untuk menjual barang dagangannya. Berikut ini beberapa platform live shopping yang bisa digunakan oleh para seller:

Shopee Live

Sebagai platform e-commerce yang paling populer di Indonesia, Shopee juga menyediakan fitur live streaming. Jadi seller di Shopee tidak hanya bisa menampilkan katalog produk-produknya untuk menarik target market, namun juga bisa berjualan secara live streaming. 

Melalui fitur live streaming di Shopee, penjual bisa mengenalkan produknya secara real-time dan berinteraksi dengan calon pembeli. Pembeli pun bisa dengan mudah bertanya tentang produk, menyampaikan ulasan, hingga melakukan transaksi pembelian secara langsung dalam live streaming. 

Instagram Live

Platform online lainnya yang bisa digunakan untuk live shopping adalah Instagram. Media sosial ini memungkinkan pengguna melakukan siaran secara real-time untuk berbagai momen dan berinteraksi dengan penonton, baik itu tanya jawab, diskusi, dan lainnya.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur siaran langsung di IG untuk berjualan atau memasarkan produknya. Setelah selesai live, rekaman siaran akan tersimpan di IGTV dan bisa dilihat oleh para pengguna Instagram. Nantinya apabila ada pengguna yang tertarik membeli produk yang ditawarkan, transaksi dilakukan secara manual melalui aplikasi pihak ketiga. 

Facebook Live

Facebook juga menyediakan fitur Live untuk memungkinkan penggunanya mempromosikan barang dagangannya secara langsung kepada pengikut. Para pemilik bisnis atau seller bisa memanfaatkan fitur ini ketika launching produk baru atau menawarkan promo menarik. 

Pengikut atau calon pembeli yang melihat live Anda di Facebook bisa memberikan reaksi, seperti komen, bertanya dan lainnya.  Selain itu, video live Anda juga akan disimpan di Timeline FB dan bisa diakses kapan saja oleh pengguna. 

YouTube Live

YouTube tidak hanya hadir sebagai platform berbagai video, namun juga menawarkan fitur Live. Pengguna YouTube dapat menggunakan fitur ini untuk menyiarkan video secara real time kepada para audiens. Fitur ini memungkinkan para pemilik bisnis atau brand untuk mengenalkan produknya secara lebih luas. Penonton dapat berinteraksi dengan kreator melalui kolom komentar. 

Snack Live

Snack Live juga menjadi salah satu platform yang sering dipakai oleh seller atau pebisnis untuk berjualan secara online. Platform sharing video seperti TikTok ini juga menyediakan fitur live streaming. Pengguna dapat melakukan siaran langsung untuk berbagai momen atau kegiatan, menyampaikan edukasi, hingga mengiklankan produk jualannya.  

Demikianlah beberapa platform live shopping alternatif selain TikTok Shop yang bisa digunakan oleh para seller atau brand untuk berjualan online. Seperti kata pepatah “banyak jalan menuju roma”, masih ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk mencari cuan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.