Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama Serta ATM Prima
Ilustrasi ATM (Foto Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat disarankan untuk mengetahui perbedaan ATM Link dan ATM Bersama serta ATM Prima. Ketiganya memiliki perbedaan mendasar salah satunya ada pada kebijakan yang diterapkan. Untuk mengetahui perbedaan di antara ketiga jenis ATM tersebut simak artikel berikut.

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama Serta ATM Prima

ATM adalah singkatan dari Automatic Teller Machine. ATM ini berupa alat elektronik yang tersebar di berbagai lokasi dan digunakan untuk mempermudah nasabah perbankan tertentu dalam melakukan transaksi, mengambil uang, cek saldo di rekening, dan sebagainya tanpa harus ke kantor bank.

Dalam menggunakan ATM, nasabah perlu memperhatikan kesesuaian antara mesin ATM dan induk bank yang menyediakan alat tersebut. Saat ini ada beberapa ATM yang tersebar dan bisa dipakai oleh nasabah yakni ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima.

ATM Link adalah mesin elektronik yang disediakan oleh jaringan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Mesin ATM Link bisa digunakan oleh bank yang masuk dalam kategori bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BNI, BRI, BTN dan Mandiri.

Artinya nasabah yang memiliki rekening di bank Himbara bisa menggunakan ATM Link. Ciri-ciri ATM Link adalah terdapat logo Link serta terdapat logo bank sebagai pemilik mesin ATM di mesin bagian bawah.

Sedangkan ATM Bersama adalah mesin elektronik yang dimiliki oleh jaringan Switching terbesar di Tanah Air yang terhubung dengan 90 institusi, baik perbankan maupun non-bank. ATM ini bahkan terhubung dengan penyedia layanan keuangan luar negeri misalnya JCB (Jepang), Paynet (Malaysia), dan masih banyak lagi.

Berbeda, ATM Prima adalah mesin elektronik yang bisa dipakai oleh nasabah mitra bank Prima ATM. Keberadaan ATM Prima bisa dipakai untuk tarik tunai hingga transfer antar bank.

Perbedaan antara ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima terletak di beberapa hal yakni sebagai berikut.

  1. Tampilan Mesin

Salah satu perbedaan paling mencolok antara tiga ATM tersebut adalah tampilan mesin. Pada ATM Link biasanya terdapat tulisan “LINK” serta terdapat berbagai logo bank yang tergabung dalam Himbara.

Pada ATM Bersama terdapat logo ATM Bersama dengan tulisan kombinasi berwarna putih dan biru. ATM Bersama biasanya tidak menyantumkan daftar bank yang terhubung dalam layanan mereka sehingga pengguna disarankan untuk lebih cermat.

Sedangkan pada ATM Prima biasanya terdapat logo “Prima”. Logo tersebut memiliki kombinasi warna biru, putih, dan oranye.

  1. Bank yang Jadi Anggota

ATM Link digunakan oleh nasabah bank Himbara yakni BRI, BNI, Mandiri, serta BTN. Sedangkan ATM Bersama diikuti oleh anggota yang terdiri dari lembaga perbankan maupun non-perbankan, baik swasta, bank daerah, serta bank yang berasal dari luar negeri.

Anggota Bank Prima misalnya Allo Bank, Amar Bank, Bank Aceh Syariah, Bank Artha Graha Internasional, dan sebagainya. Jaringan Bank Prima sendiri terdiri dari Bank BUMN, Bank Swasta Nasional, BPD, dan Bank Syariah.

  1. Biaya Transaksi

Biaya cek saldi dan tarik tunai di ATM Link gratis. Namun biaya transfer ke rekening bank Himbara di ATM Link dikenai Rp4.000, sedangkan biaya transfer di ATM Link ke bank swasta dikenai sebesar Rp6.500 per transaksi.

Biaya tarik tunai yang dilakukan di ATM Bersama akan dikenai Rp7.500. Biaya admin tersebut akan selalu dipotong tiap nasabah menggunakan ATM Bersama. Sedangkan untuk biaya transfer antarbank akan dikenai biaya mulai dari Rp6.500 hingga Rp8.000 per transaksi.

Sedangkan biaya tarik tunai di ATM Prima akan dikenai Rp7.500, biaya transfer antar bank di ATM Prima sebesar Rp6.500, sedangkan biaya cek saldo sebesar Rp4.000.

Itulah informasi terkait perbedaan ATM Link dan ATM Bersama. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.