Satgas Pangan Situbondo Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadan
Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto didampingi Kepala Diskoperindag Edy Wiyono saat cek stok beras di tingkat distributor. (Dok. ANTARA)

Bagikan:

SITUBONDO - Ketersediaan beras di wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dipastikan aman menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Stok kebutuhan pokok ini dipastikan aman setelah tin Satgas Pangan setempat terdiri dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan kepolisian rutin melakukan pemantauan di penggilingan padi dan distributor beras di wilayahnya.

"Kami bersama kepolisian mengecek langsung stok beras di tingkat penggilingan maupun distributor beras yang ada di Situbondo. Alhamdulillah stok beras aman," ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo Edy Wiyono di Situbondo, Jawa Timur, di;lansir ANTARA, Sabtu, 2 Maret.

Ia mengatakan, pengecekan stok beras di tingkat distributor dilakukan bersama oleh Polres Situbondo bertujuan untuk memastikan stok pangan aman, karena biasanya saat bulan Ramadhan hingga Lebaran kebutuhan pokok masyarakat meningkat.

Dari hasil pengecekan tim Satgas Pangan, lanjut Edy, dipastikan bahwa ketersediaan beras mencukupi kebutuhan masyarakat, sedangkan harga gabah maupun beras mengalami penurunan dikarenakan sudah memasuki musim panen raya sehingga diprediksi harga beras ke depan akan terus mengalami penurunan.

"Hasil pengecekan di penggilingan dan distributor untuk stok beras mendekati Ramadhan sampai Lebaran nanti mencukupi dan harga beras juga sudah mulai mengalami penurunan," katanya.

Diskoperindag bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Polres Situbondo melakukan pengecekan stok dan harga beras di wilayah Kecamatan Panji, Besuki, seputar kota dan wilayah lainnya.

Di penggilingan beras UD Karunia Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, memproduksi beras medium sebanyak 20 sampai 25 ton per hari.

Sedangkan distributor beras Toko Rini Bangkit di Jalan Irian Jaya Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, diperoleh keterangan harga beras mengalami penurunan selama kurun waktu dua pekan terakhir.

Untuk stok beras di Toko Rini Bangkit, kemasan 25 kg sebanyak 50 sak per merk, kemasan 10 kg sebanyak 30 sak per merk, kemasan 25 kg sebanyak 50 sak per merk dan kemasan 5 kg sebanyak 100 Sak per merk.

Dari pantauan, harga beras medium maupun premium di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, sejak beberapa hari terakhir sudah mulai berangsur-angsur turun seiring dengan memasuki masa panen padi.

Harga beras medium dari sebelumnya Rp15.000 per kilogram turun menjadi RpRp13.700-Rp14.000 per kilogram.

Sedangkan harga beras premium, saat ini juga mulai turun Rp15.100 per kilogram dari sebelumnya beras kualitas bagus itu mencapai Rp16.000 per kilogram.