Munas II PPJI 2024 Solo Jateng, Minerva Taran Optimistis Raih Suara Terbanyak
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) menyelenggarakan acara Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2024, di The Alana Hotel, Surakarta, Jawa Tengah, pada Rabu hingga Kamis 8-9 Mei 2024.

Ketua Pelaksana Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia Budi Syahmenan mengatakan, gelaran Munas yang diadakan setiap 5 tahun sekali ini mengangkat tema "Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia" dan dihadiri 24 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

"Pada Munas kali ini, membahas laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2019-2024 dan melakukan pemilihan pengurus baru periode 2024- 2029," ujar Budi Syahmenan, saat acara Munas 2024, di Surakarta, Selasa 7 Mei.

Ia menjelaskan, pemilihan pengurus PPJI ini perlu dilakukan karena sudah habis masa bakti pengurus lama yang diketuai Irwan Iden Gobel.

Menurutnya, dalam pemilihan Ketua Umum PPJI Periode 2024-2029, terdapat dua kandidat calon Ketua Umum PPJI, yaitu Minerva Taran dengan nomor urut 01 dan Iden Gobel dengan nomor urut 02.

Adapun, calon Ketua Umum PPJI Minerva Taran, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPP PPJI 2019-2024 dan merupakan pemilik Kiki Catering

Minerva Taran mengutarakan, dirinya mendapat dukungan 13 suara provinsi sebagai voter dan mendapat dukungan dari banyak pengusaha yang bergerak di bidang usaha tataboga meski tidak menjadi voter.

Selain itu, resistensi voter kepada ketua lama yang tidak menjalankan organisasi sebagaimana mestinya dan atau tidak melaksanakan amanah anggota sebagaimana telah ditetapkan.

Dengan mengusung tagline "Untuk PPJI Hebat", ia pun memaparkan visi dan misinya.

Seperti dikutip Ketua Tim Sukses nomor urut 01, Chef Sabir Mappakaya, bahwa visi dan misi yang dimaksud yaitu mengembalikan organisasi PPJI sebagai wadah untuk berkumpulnya pengusaha tataboga, mengembalikan marwah organisasi sebagai mitra Pemerintah dan unsur-unsur terkait dalam bidang usaha tataboga.

Serta, mengambil organisasi sebagai mitra usaha bidang lain yang berkaitan dan mengangkat kesejahteraan anggota dengan prinsip kesetaraan dan berkeadilan.

Sementara itu, Tim Pemenangan Bidang media & publikasi, Heru Pujihartono berharap, jika terpilih, Minerva Taran akan mentransformasikan organisasi.

"Salah satunya, mendekatkan diri dengan media sebagai ujung tombak dan mitra lainnya, seperi Kadin," katanya.

Di samping itu, program-program teknis yang akan dikerjakan untuk jangka pendek adalah tranformasi organisasi, melakukan Skill Up anggota dan menjalin koordinasi dengan asosiasi sejenis.

Sementara itu, untuk jangka menengah, yaitu melakukan pelatihan-pelatihan di bidang jasaboga, memberikan kemudahan berusaha izin dan sebagainya.

"Untuk program jangka panjang yang kami siapkan adalah meningkatkan kesejahteraan anggota, dengan melibatkan mereka dalam proyek-proyek strategis nasional dan meletakkan standardisasi nasional dalam bisnis jasaboga," imbuhnya.

Sebagai informasi, selain pemilihan calon Ketua Umum, kegiatan Munas PPJI juga memiliki sejumlah agenda di antaranya Welcome Dinner di Graha Saba Buana Solo dan pembukaan Murm dengan berbagai hiburan.

Dilanjutkan pada hari kedua, di The Alana Hotel Surakarta dimulai dengan agenda utama Munas, yaitu Sidang pleno dan Pemilihan Ketua Umum.

Di ruang terpisah, di hari yang sama ini diadakan aktifitas berupa workhop/seminar yang terdiri dari dua sesi.

Di mana, para peserta DPD dan DPC PPJI mengikuti kelas pertama bertemakan Pendalaman Materi LPSE dan Digital Marketing (TikTok, Instagram) dan pada sessi kedua bertemakan Pendalaman Materi E-Catalog dan Food Cost

Lalu kegiatan pada hari ketiga, peserta dapat menikmati dan mengeksplor kota yang terkenal akan kuliner serta keragaman Budaya Jawa.