Waduh, Jelang Lebaran 2021 Harga Emas Perhiasan Malah Naik
Ilustrasi Emas Perhiasan (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA – Menjelang hari raya Idulfitri 2021, beberapa harga barang naik, salah satunya harga emas perhiasan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya kenaikan harga emas perhiasan selama bulan April yang kemudian mendorong meningkatnya inflasi inti menjadi 0,14 persen di April dari posisi bulan sebelumnya 0,03 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto menjelaskan, inflasi inti itu berperan sebesar 0,09 persen kepada keseluruhan inflasi yang tercatat sebesar 0,013 persen month to month (mtm) di bulan April 2021.

Harga Emas Perhiasan Naik Sebabkan Inflasi

Setianto juga mengatakan bahwa kenaikan inflasi itu disebabkan salah satunya karena naiknya harga emas perhiasan yang permintaannya meningkat jelang Hari Raya Idulfitri.

"Meningkatnya pembelian emas perhiasan menjelang Hari Raya Idulfitri mempengaruhi harga emas perhiasan di April 2021," katanya saat konferensi pers secara daring, Senin, 3 Mei.

Setianto mengatakan kenaikan harga emas perhiasan pada periode tersebut, dipicu oleh meningkatnya harga emas batangan.

Ia menambahkan dari 90 kota IHK yang dipantau oleh BPS tercatat ada 60 kota yang mengalami kenaikan harga emas perhiasan. Kenaikan tertinggi terjadi di Parepare, Medan, dan Bukittinggi dengan masing-masing tiga persen.

Sebelumnya, BPS mencatat, inflasi pada bulan Februari 2021 sebesar 0,10 persen mtm. Salah satu yang menghambat laju inflasi pada bulan Februari 2021 lalu adalah penurunan harga emas perhiasan, yang memberi andil kepada deflasi sebesar 0,02 persen.

Komoditas emas perhiasan ini masuk ke dalam kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya. Kelompok ini sendiri mengalami penurunan harga sebesar 0,14 persen mom dan memberi andil kepada deflasi sebesar 0,01 persen.

"Kita tahu harga emas batangan, logam mulia di pasaran internasional mengalami penurunan dan ini akan berpengaruh pada turunnya harga emas perhiasan dibandingkan bulan Januari 2021," ujar Kepala BPS Suhariyanto, Senin, 1 Maret.

Selain terkait naiknya harga emas perhiasan, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.