PPKM Level 4 Diperpanjang, Ikatan Pedagang Pasar Beri Catatan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA – DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia mendukung perpanjangan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4. Namun, terdapat beberapa catatan mengenai sektor pasar tradisional yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Minta Program Vaksinasi Dipercepat

Ketua Bidang Infokom DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib mengatakan dalam aturan PPKM darurat ada poin-poin yang menyangkut pasar tradisional. Seperti pasar tradisional untuk kebutuhan pokok bakal diizinkan seperti biasa.

Sementara, kata Najib, pasar tradisional yang menjual selain kebutuhan pokok hanya diizinkan buka hingga pukul 15.00 dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

Sedangkan, pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis diizinkan buka sampai pukul 21.00.

Karena itu, kata Najib, ada beberapa catatan penting dari IKAPPI. Pertama adalah mendorong percepatan vaksinasi di pasar tradisional. Sehingga herd immunity bisa terbentuk di pasar tradisional dan memastikan bahwa pasar tradisional adalah tempat transaksi yang nyaman.

"Kedua, Ikappi minta kepada pemerintah daerah untuk tidak balelo atau tidak sewenang-wenang terhadap kebijakan masing-masing daerah yang sudah diarahkan oleh presiden," katanya dalam keterangan resminya, Senin, 26 Juli.

Artinya, kata Najib, pembukaan pasar tradisional harus menyeluruh walau bukan pedagang yang menjual bahan pokok tetap harus dibuka dengan protokol kesehatan dan ketetapan jam operasional.

Ikatan Pedagang Pasar Minta Sosialisasi Masker dan Prokes Digencarkan

Ketiga, Ikappi minta kepada pemerintah daerah untuk memperkuat protokol kesehatan dengan mengecek kembali tempat pencuci tangan, sabun dan perlengkapan lain.

Keempat, Ikappi juga meminta kepada pemerintah daerah untuk gencar melakukan pembagian masker karena bagaimanapun juga kondisi pedagang cukup sulit untuk harus membeli masker dan menggunakan setiap hari berganti.

"Maka kami minta pemerintah daerah gencar melakukan sosialisasi penggunaan masker dan sekaligus melakukan protokol kesehatan sebagaimana yang diarahkan oleh Bapak Presiden," ujarnya.

Terakhir, kata Najib, Ikappi minta kepada pemerintah pusat atau daerah untuk melakukan pendataan kepada pedagang-pedagang yang sangat membutuhkan agar mendapat insentif atau mendapat penambahan modal karena kondisi yang terpuruk selama beberapa bulan terakhir.

"Kami berharap agar kebijakan ini dilakukan dengan serius dan dijalankan agar perputaran ekonomi daerah agar pulih. Dan pasar tradisional kembali menjadi tempat transaksi yang nyaman untuk masyarakat," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4, Pedagang Pasar Tradisional Minta Tambahan Modal.

Selain terkait Ikatan Pedagang Pasar, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.