Menjaga Kesehatan Hati dengan Kopi
Ilustrasi Kopi (Georgi Petrov/Pexels)

SURABAYA - Minum kopi memang sudah jadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari kopi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menjaga kesehatan hati dengan kopi ternyata sangat mungkin dilakukan. 

Temuan ini didapat dari data hasil survei yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey terkait konsumsi makanan dan minuman harian masyarakat Amerika Serikat.

Penelitian Menjaga Kesehatan Hati dengan Kopi

Dalam penelitian dikatakan dengan melihat sekitar 4.500 pasien yang pernah mengikuti survei pada 2017-2018. Para peserta berusia 20 tahun atau lebih, rata-rata berusia 48 tahun, dengan 73% diantaranya memiliki kelebihan berat badan.

Dari situ para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi kopi dengan ukuran perlemakan hati. Namun mereka menemukan hubungan kekakuan hati dengan kopi. Konsumen kopi yang minum tiga cangkir tiap hari punya ukuran kekakuan hati yang lebih rendah diukur dalam satuan kilopascal. Kekakuan hati dengan ukuran lebih dari 9.5 kilopascal merupakan tanda fibrosis hati yang dapat menyebabkan sirosis hati.

Kopi Mendukung Penyembuhan

Melansir WebMD, Kamis, 28 Oktober, Elliot Tapper, MD, asisten profesor gastroenterologi di Universitas Michigan menyebutkan bahwa ia akan merekomendasikan kopi pada pasien dengan penyakit sirosis untuk mendukung penyembuhan, selain menghindari konsumsi karbohidrat dan meningkatkan olahraga.

Selain itu, studi yang dilakukan oleh Nathan Davies, PhD, seorang profesor Biokimia di Institusi Kesehatan Hati dan Pencernaan di Universitas London pun menemukan bahwa kopi dapat melindungi hati dari penyakit kronis.

Perlu diingat, dampak baik konsumsi kopi untuk hati ini hanya bisa didapat jika Anda tidak menambahkan gula atau krim sebagai pemanis, memilih jenis kopi yang lebih sehat, dan menyeduh kopi dengan kertas filter.