Sempat Viral Kasus Perundungan Anak di Jember, Polisi Periksa Sejumlah Saksi
Ilustrasi Polisi (Madrosah Sunnah on Unsplash)

SURABAYA - Kasus perundungan anak di Jember, Jawa Timur yang beberapa waktu lalu viral di media sosial kini dalam pemeriksaan polisi. Bahkan, sejumlah saksi diperiksa. 

"Kasus tersebut sudah ditindaklanjuti dan penanganan-nya dilakukan di Polsek Tanggul," kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, Kamis 30 Juni.

Pemeriksaan Perundungan anak di Jember

Kasus tersebut telah diproses dan sejumlah saksi telah dipanggil untuk dimintai keterangan, termasuk saksi terlapor yang kini juga diperiksa.

Kasie Humas Polres Jember Iptu Brisan Immanula menjelaskan bahwa peristiwa perundungan tersebut terjadi pada bulan Mei 2022. Namun videonya viral di media sosial beberapa hari terakhir lewat WhatsApp.

"Perundungan terjadi ketika korban dengan berinisial HK keluar dari salah satu organisasi kelompok terduga pelaku. Saat keluar, HK dianggap telah melecehkan organisasi dengan menjelek-jelekkan nama organisasi," ujarnya.

Kesepakatan Damai

Hasil dari pemeriksaan, lanjut dia, sebenarnya sudah ada kesepakatan damai antara korban dengan terduga pelaku, namun saat video perundungan tersebut beredar dan diketahui oleh orang tua korban, maka orang tua korban tidak terima.

"Orang tua korban akhirnya melaporkan kasus perundungan itu ke Polsek Tanggul, meskipun kejadiannya sudah satu bulan lebih. Kami proses kasus itu dengan meminta sejumlah keterangan saksi-saksi," tuturnya.

Ia menjelaskan penyidik Polsek Tanggul sudah meminta keterangan sejumlah pihak, termasuk saksi korban dan saksi dari terlapor yang masih di bawah umur.

Murni Pidana

Kapolsek Tanggul AKP Miftahul Huda mengatakan dari hasil pemeriksaan tersebut diduga yang melakukan penganiayaan hanya dua orang yakni FR dan RN, sedangkan RO diberi tugas untuk merekam apa yang dilakukan oleh FR dan RN kepada korban HK.

"Yang jelas kasus itu adalah murni pidana penganiayaan yang dilakukan oleh FR dan RN terhadap korban HK. Kasus itu masih dalam tahap penyidikan dan juga bimbingan, serta penyuluhan kepada terlapor," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polisi Periksa Saksi Usut Kasus Perundungan Anak di Jember yang Viral Meski Peristiwanya Sudah Lama.

Selain terkait perundungan anak di Jember, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.