Tingkatkan Keintiman dengan Tingkatkan Durasi Ciuman yang Tepat
Ilustrasi durasi ciuman untuk meningkatkan keintiman (Unsplash/Sharon McCutcheon)

SURABAYA - Meningkatkan keintiman bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan ciuman. Namun, pasangan juga harus tahu durasi ciuman yang tepat agar keintiman bisa diraih. Lalu, berapa durasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan keintiman dari pandangan ahli seks edukasi?

Durasi Ciuman yang Tepat

Melansir Psychology Today, John Gottman dalam penelitiannya mengatakan bahwa durasi ciuman yang mampu membangun koneksi dengan pasangan adalah selama enam detik.

Bahkan, berdasarkan studinya, John Gottman merekomendasikan agar per hari tiap pasangan harus berciuman selama enam detik setidaknya satu kali. Ia menyebut bahwa ciuman 6 detik sebagai ‘ciuman yang memiliki potensi’ dalam relationship.

Koneksi dalam Hubungan

Konselor pasangan Kari Rusnak, MA., LPC., memaparkan bahwa setiap pasangan perlu benar-benar terhubung agar dapat lebih mudah melalui konflik dan masa-msa sulit. Koneksi membantu melihat setiap pasangan secara positif dan fokus pada hal-hal yang patut dihargai daripada hal-hal yang mengganggu.

Ketika koneksi benar-benar kuat, Anda berada dalam penimpaan sentiment positif. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pasangan yang melihat perspektif positif dalam hubungan mereka karena hubungan mereka yang kuat.

Manfaat Ciuman Enam Detik

Berciuman selama enam detik, ternyata bermanfaat pada banyak aspek. Selain merasa lebih dekat secara fisik dan membandung koneksi, juga mengarah pada keintiman, memprioritaskan hubungan, dan cara untuk bersenang-senang. Rusnak menyarankan, cobalah mengatur waktu ciuman selama 6 detik Anda untuk merasakan durasinya.

Rusnak juga memberikan saran tentang kapan waktu yang tepat dalam berciuman selama enam detik. Waktu paling tepat ialah saat berpisah untuk beraktivitas masing-masing dan saat berkumpul kembali di penghujung hari.

Luangkan juga waktu untuk bercerita dan bercengkerama setelah ciuman. Dan lagi, jadikan ciuman sebagai kebiasaan sehari-hari untuk meningkatkan koneksi.