Manfaat Terrarium Ternyata Besar, Bisa Mengajarkan Tentang Kehidupan
Manfaat Terrarium (Susana Marsigli/Unsplash)

シェア:

SURABAYA - Hobi tanaman memang menyenangkan. Terlebih tanaman hias yang ditanamn bisa tumbuh subur. Ada banyak cara untuk menyiasati tempat tanaman, salah satunya berupa terrarium. Cara ini dinilai punya banyak manfaat untuk pemilik. Lalu, apa saja manfaat terrarium?

Manfaat Terrarium

Patut diketahui bahwa terrarium adalah taman mini dalam sebuah wadah, biasanya terbuat dari kaca. Di dalamnya Anda bisa menempatkan berbagai macam tanaman dengan perawatan minimal, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sibuk atau tak punya lahan untuk berkebun.

Selain menambah keindahan, terrarium rupanya punya banyak manfaat yang tidak diduga. Punya terrarium bisa meningkatkan kadar kebahagiaan diri. Mau tahu alasannya?

Meningkatkan produktivitas

Dikelilingi oleh tanaman hijau bisa menambahkan perasaan yang positif dan menghilangkan rasa cemas, kemarahan dan kesedihan, serta memicu gaya hidup yang sehat. Tumbuhan yang ada di terrarium akan menghidupkan ruangan. Cocok untuk mereka yang menghabiskan waktu di meja kerja seharian.

Dengan memiliki terrarium kecil di meja kerja, tumbuhan ini bisa membuat Anda berkonsentrasi dan fokus. Anda bisa menghias meja dengan kaktus yang bermacam bentuk dan warna.

Mengajarkan makna kehidupan

Melihat tumbuhan di dalam terrarium tumbuh dan berkembang memang sangat luar biasa. Bagi Anda yang selalu tenggelam dalam teknologi, seringkali tak peduli dengan apa yang ada di sekeliling Padahal ada banyak tumbuhan yang sering dilewati setiap harinya. 

Nah, dengan memiliki pengalaman memelihara tumbuhan dalam terrarium, Anda akan belajar untuk menghargai tumbuhan tersebut. Untuk membersihkan dan merawat terrarium sendiri tergantung dengan jenis dari terrariumnya. Jika terrarium terbuka, sirami tanaman sesekali.

Siraman tidak diperlukan untuk terrarium kedap udara, sedangkan pada terrarium terbuka perlu disiram seminggu atau dua minggu sekali. Untuk jenis tumbuhan sukulen dan kaktus hanya perlu disiram sebulan sekali.

Menghilangkan stres

Tumbuhan di dalam terrarium biasanya memiliki corak-corak dan juga keunikan yang beragam. Ini mampu membuat siapapun yang memandang akan menjadi lebih segar dan bahagia.

Apalagi dengan kadar oksigen yang ada pada tumbuhan atau tanaman hias di dalam terrarium bisa membuat pikiran menjadi rileks dan lebih segar. Makanya, disebut-sebut tanaman hias dalam terrarium bisa membuat lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Penumbuh semangat yang baik

Pernahkah Anda merasa penasaran, mengapa ketika seseorang dirawat di rumah sakit, banyak orang yang membawakannya bunga? Nah rupanya ada sebuah studi menyebutkan bahwa melihat tumbuhan atau bunga bisa menyembuhkan pasien di rumah sakit.

Anda bisa menyebutnya sebagai ‘obat’ yang murah namun efektif nih. Sama halnya kalau Anda memiliki terrarium di rumah atau meja kerja, secara tidak langsung terrarium bisa menjadi alat untuk terapi.