Pilkades Serentak di Pamekasan Siap Digelar, 3.685 Personil Gabungan Akan Diterjunkan untuk Jaga Keamanan
Pasukan Brimob Polda Jatim mengamankan unjuk rasa warga di Desa Taraban, Kecamatan Larangan, Pamekasan

シェア:

SURABAYA - Sebanyak 3.685 personel akan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di Pamekasan. Pilkades serentak di Pamekasan, Jawa Timur sendiri akan digelar pada 23 April 2022.

Pengamanan Pilkades serentak di Pamekasan

Kasubbag Humas Polres Pamekasan Iptu Nining Dyah di Pamekasan, Kamis 21 April, menjelaskan bahwa 3.685 personel itu adalah personel gabungan yang diambil dari polisi, TNI, dan personel Linmas.

"Mereka ini akan mengamankan pilkades di 602 tempat pemungutan suara (TPS) di 72 desa yang tersebar di 13 kecamatan," katanya dikutip Antara.

Rincian Petugas Keamanan

Rincian petugas yang diterjunkan adalah 1.879 personel diambil dari unsur polisi, TNI 602 personel, dan dari unsur Linmas 1.204 personel.

Masing-masing TPS akan diamankan oleh satu orang personel TNI, tiga personel polisi dan dua personel Linmas.

"Pemberangkatan personel mulai Jumat (22/4/2022) setelah apel pelepasan pasukan sekitar pukul 08.00 WIB di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan," katanya, menjelaskan.

Diterjunkan di Desa Rawan

Khusus desa yang dinilai rawan, seperti Desa Taraban, Kecamatan Larangan dan Desa Bujur Barat, Kecamatan Batumarmar, polisi melakukan penambahan pasukan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dua desa ini menjadi perhatian khusus polisi karena sempat terjadi konflik.

Di Desa Taraban, Kecamatan Larangan sempat terjadi unjuk rasa, akibat ada salah seorang calon yang dicoret oleh panitia, sedangkan di Desa Bujur Barat, Kecamatan Batumarmar, karena terjadi pembacokan pada pendukung salah seorang calon kepala desa.

Masyarakat Diminta Kondusif

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam meminta semua elemen masyarakat bisa menciptakan suasana kondusif sehingga pelaksanaan bisa sesuai harapan.

"Sukses tidaknya pilkades serentak ini bergantung pada dukungan dan komitmen semua elemen masyarakat, karena itu mari kita dukung pelaksanaan pilkades ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Terkendala karena Teknis

Semula, pilkades serentak di Kabupaten Pamekasan pada 23 April 2022 itu sebanyak 74 desa, akan tetapi dua desa terpaksa ditunda, karena terkendala teknis.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polres Pamekasan Kerahkan 3.685 Personel untuk Amankan Pilkades Serentak.

Selain terkait Pilkades serentak di Pamekasan, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.