Investasi Terbaik Menurut Sri Mulyani: The Best Return dari Semua Investasi di Dunia
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Dok. Kemenkeu)

シェア:

SURABAYA - Menteri Keuangan Sri Mulyani berbagi pengalamannya sebagai seorang ekonom sekaligus bendahara negara di depan para pejabat terkait maupun pimpinan kampus di Indonesia (rektor). Hal itu dilakukan saat hadir dalam peluncuran Merdeka Belajar episode 21 bersama dengan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Di kesempatan tersebut juga sempat disinggung masalah investasi terbaik menurut Sri Mulyani.

Investasi terbaik menurut Sri Mulyani

Sri Mulyani menilai sektor ekonomi berhubungan erat dengan dunia pendidikan. Tak hanya itu, edukasi juga dinilai jadi modal besar untuk mencapai kesejateraan.

Investasi di bidang pendidikan adalah investasi yang sangat penting. Investasi di bidang ini merupakan the best return dari semua investasi di dunia,” ucapnya saat memberikan pidato pembuka, dikutip Selasa, 28 Juni.

Anggaran Abadi Perguruan Tinggi

Menurut Menkeu, posisi strategis ini membuat harus membuat perguruan tinggi di Indonesia memikirkan bagaimana memperbaiki pendidikan nasional. Diungkapkan pula jika kemandirian finansial merupakan indikator esensial untuk bisa meningkatkan kualitas suatu perguruan tinggi hingga bisa menjadi universitas kelas dunia.

“Saya ingat betul Presiden Jokowi memiliki perhatian yang tinggi terhadap kualitas dan aktivitas perguruan tinggi untuk selanjutnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ini dibuktikan dengan anggaran abadi perguruan tinggi yang hadir lewat Perpres Nomor 111 tahun 2021,” tuturnya.

Harapan Sri Mulyani

Berkenaan dengan itu, mantan bos IMF tersebut juga menyampaikan agar desain dari alokasi pendanaan yang telah dirancang pemerintah dapat meningkatkan kolaborasi dan inovasi serta kreativitas perguruan tinggi.

Menkeu juga berpesan agar para pengelola dana abadi pendidikan dapat menjaga amanat yang telah dititipkannya dengan baik.

“Bagaimana untuk menjadi world class university, anda bisa mendapat rangkingnya yang juga baik, tapi juga harus bisa bermanfaat untuk rakyat dan negara kita dan juga bahkan untuk kemanusiaan yang adil dan beradab itu untuk seluruh dunia berarti,” ungkap Menkeu.

Komitmen Menkeu

Sebagai penutup, dia menyatakan komitmennya untuk terus mendukung perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Selamat bekerja, selamat berjuang. Kami akan terus mendukung dengan kuat dan penuh komitmen,” tutup Menkeu Sri Mulyani.