Tiba dari Malaysia dan Singapura, Puluhan Pekerja Migran Asal Pamekasan Isolasi di Surabaya
Ilustrasi Pekerja Migran (Foto: Antara)

シェア:

SURABAYA – Ada 44 pekerja migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dan kini tengah menjalani isolasi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Isolasi dilakukan setibanya mereka dari luar negeri.

"Pekerja migran Indonesia itu diiIsolasi di Surabaya selama dua hari, dan setelah itu, akan menjalani isolasi lanjutan di Kabupaten Pamekasan selama tiga hari," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Pamekasan dr Nanang Suyanto di Pamekasan, dilansir dari Antara, Kamis.

Para PMI itu berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Pamekasan, yakni dari Kecamatan Batumarmar, Pasean, Waru, dan Kecamatan Palengaan.

Pekerja Migran yang Negatif Diharuskan Isolasi Mandiri di Rumah

Saat ini Dinkes Pamekasan sedang berkoordinasi dengan tim Satgas COVID-19 setempat untuk menyambut kedatangan PMI setelah mereka merampungkan isolasi di Surabaya.

"Isolasi di Surabaya itu, sebagai pendataan dari semua PMI dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur," tuturnya.

 Sebanyak 44 PMI yang isolasi adalag sebagian dari total 404 PMI yang tiba di Bandara Internasional Juanda. Mereka datang dari sejumlah negara dan kini diisolasi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

"Kalau dari Pamekasan ini, dari informasi yang disampaikan Pemprov Jatim kepada kami, umumnya merupakan pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Sedangkan lokasi isolasi PMI dari Malaysia dan Singapura akan ditempatkan di Islamic Center Pamekasan.

"Di hari terakhir akan dilakukan tes usap, dan apabila ada yang positif, maka langsung diisolasi di RSUD Pamekasan," katanya lagi.

Jika nantinya mereka negatif maka petugas akan meminta mereka isolasi mandiri di rumah mereka selama 14 hari. Selama itu pula akan ada pantauan selama waktu yang ditentukan.

Selain terkait pekerja migran dari luar negeri, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.