Hampir Seribu Orang Pekerja Migran Pulang ke Pemekasan
PMI yang tiba di Pamekasan (Antara)

シェア:

SURABAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur Supriyanto menyatakan jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Pamekasan yang kembali ke wilayah itu, hingga 9 Juni 2021 ini mencapai 988 orang.

"Jumlah PMI yang mencapai sebanyak 988 orang ini, termasuk PMI yang tiba hari ini," katanya di Pamekasan, dilansir Antara, Rabu, 9 Juni.

Pekerja Migran Harus Jalani Karantina

Ia menjelaskan, jumlah PMI asal Pamekasan yang tiba pada Rabu sebanyak 17 orang. Mereka tiba di Pamekasan dengan menggunakan armada bus di gedung Islamic Center Pamekasan, sekitar pukul 14.00 WIB.

Sebelum dipulangkan ke Pamekasan, para pekerja migran asal Pamekasan ini sebelumnya menjalani karantina di asrama Haji Surabaya selama dua hari.

Mereka didata terlebih dahulu asal para PMI itu, seperti alamat asal, identitas PMI dan dokumen pribadi, seperti paspor dan perusahaan jasa yang memberangkatkan.

"Di Pamekasan mereka juga harus menjalani karantina selama tiga hari. Untuk PMI laki-laki di gedung Islamic Center, sedangkan PMI perempuan di Home Stay Astri Pamekasan," kata Supriyanto, menjelaskan.

Para PMI itu selanjutnya akan menjalani tes kesehatan dari Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan. Bagi yang dinyatakan negatif, selanjutnya akan diperbolehkan pulang ke rumah asalnya, sedangkan yang positif, akan menjalani isolasi di RSUD Pamekasan.

"Tapi mereka ini bisa pulang, apabila dijemput oleh kepala desa atau sekretaris desanya. Jika tidak, maka tidak akan diperbolehkan oleh petugas," katanya, menjelaskan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 988 Pekerja Migran Sudah Sampai di Pamekasan.

Selain terkait pekerja migran, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.