Trik Mengatasi Perlakuan Silent Treatment dari Pasangan Agar Tak Terjebak di Hubungan Toxic
Ilustrasi silent treatment (Mart Production/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam sebuah relationship, ada banyak perlakuan pasangan yang kadang tak mengenakkan. Salah satu perlakuan menyebalkan adalah silent treatment. Sayangnya tak semua orang punya trik mengatasi perlakuan silent treatment. Lalu, bagaimana caranya?

Mengenal Silent Treatment

Silent treatment adalah sikap yang ditunjukkann oleh pasangan dalam bentuk diam. Bentuknya macam-macam, salah satunya seperti mengabaikan pasangan saat sedang ada masalah. Dalam banyak kasus pelaku silent treatment bahkan menolak mengakui keberadaan pasangannya.

Apakah pasangan Anda melakukan silent treatment ketika sedang marah? Jika iya, begini cara mengatasi silent treatment, melansir HerStory, Rabu 17 November.

Beri ruang dan waktu

Kasus silent treatment banyak diselesaikan dengan memberikan ruang dan waktu. Hal itu dilakukan agar pasangan bisa berpikir jernih dan mampu menyelesaikan masalah.

Bersikap terbuka

Jujurlah pada pasangan bahwa tindakannya itu membuat Anda kebingungan, kesepian, dan sedih. Bilang semua yang Anda rasakan seperti kesulitan-kesulitan selama pasangan mendiamkan Anda. Nyatakan bahwa Anda tidak bisa menyelesaikan masalah dengan cara ini dan berperilaku seperti ini.

Lakukan pendekatan

Lakukanlah pendekatan secara lembut dan baik-baik, ini mungkin bisa menjadi cara untuk meredam sikapnya. Katakan bahwa Anda ingin tahu alasan mengapa sikapnya menjadi dingin, dan diskusikan setelah dia telah tenang.

Cobalah untuk tenang

Kadan kala dia juga bisa emosi dan marah, jika begitu, lebih baik Anda tidak terbawa emosi. Cobalah bersikap tenang agar tidak memperburuk situasi, meskipun masalah yang terjadi bukan sepenuhnya salah Anda, cobalah untuk mengalah.