5 Makanan Pencegah Kanker Payudara yang Bisa Jadi Beragam Sajian
Ilustrasi makanan pencegah kanker payudara (Lisa-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Tahukah Anda bahwa kanker payudara paling dialami oleh wanita. Padahal kanker tersebut bisa juga dialami oleh pria. Ada banyak faktor yang memicu adanya kanker payudara. Namun, Anda bisa memakan makanan pencegah kanker payudara untuk mengantisipasinya.

Makanan pencegah kanker payudara

Makanan memang sangat berpengaruh pada kesehatan. Dalam kasus kanker payudara, tidak semua makanan bisa mencegahnya. Di bawah ini, Anda bisa memilih bahan makanan favorit, sekaligus membantu hindari risiko kanker payudara. Berikut deretannya, melansir dari HerWorld, Kamis, 25 November.

Brokoli

Jenis sayur satu ini menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak dikenal untuk menghindari risiko kanker payudara. Riset mengungkapkan bahwa brokoli dapat menghambat pertumbuhan tumor serta mengantisipasi penyebaran sel-sel kanker yang ada di salah satu bagian tubuh.

Namun, jika Anda bukan penggemar brokoli, ada beberapa sayuran hijau yang bisa Anda jadikan alternatif seperti kembang kol, kubis, dan kale. Satu hal yang pasti, Anda wajib mengonsumsi sayuran ini untuk menghindari risiko kanker payudara.

Bawang putih

Bahan satu ini sudah menjadi penambah cita rasa alami yang pastinya tidak akan terlewat pada setiap masakan. Bawang putih adalah salah satu sayuran allium yang memiliki segudang nutrisi, termasuk antioksidan flavonoid dan vitamin C. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 285 wanita menemukan bahwa konsumsi bawang putih yang tinggi dapat melindungi diri dari kanker payudara.

Kunyit

Rempah yang identik dengan warna kuning cerahnya ini memiliki kandungan curcumin. Jika kandungan tersebut dipadukan dengan pengobatan, kunyit berperan penting untuk melawan tumor ganas di area payudara.

Namun, untuk langkah preventif, Anda bisa menyertakan kunyit dalam makanan, salah satunya membuat kari sayuran dengan mencampurkan brokoli, bawang bombai, dan juga bawang putih untuk menjadi masakan sehat untuk hindari kanker payudara.

Apel

An apple a day keeps the doctor away adalah frasa klasik yang kerap Anda dengar ketika berbicara kesehatan, tetapi jika Anda ingin menghindari risiko kanker, khususnya kanker payudara.

Kandungan buah apel bisa Anda gunakan untuk menghindari risiko tersebut dengan kekayaan antioksidan, serat fiber, dan berbagai komponen lain yang diperlukan untuk hindari kanker. Namun, jangan mengupas apelnya, karena kandungan tersebut paling banyak berada di kulit buah apel.

Walnut

Kaya akan asam lemak omega 3 dan berbagai nutrisi lainnya, walnut atau kacang kenari dapat membantu atasi peradangan dalam tubuh. Selain itu, beberapa riset mengungkapkan bahwa kacang kenari bisa memperlambat pertumbuhan tumor pada payudara sehingga Anda dapat jadikan kacang ini sebagai pilihan makanan.