Ciri Pasangan Manipulatif yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Teman Hidup
Ciri Pasangan Manipulatif (Diana Smykova/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Memiliki relationship tak semudah yang dibayangkan. Yang tersulit untuk memulai hubungan percintaan adalah memilih pasangan yang tepat. Pasangan bisa menjadi karunia atau bisa juga menjadi bencana. Untuk menghindarinya, cobalah mengenal ciri pasangan manipulatif.

Ciri Pasangan Manipulatif

Memiliki pasangan yang manipulatif akan membuat hubungan tak sehat. Bahkan bisa mengantarkan Anda ke jalan kehancuran cinta. Untuk menghindarinya, coba cek apakah ciri di bawah ini ada pada pasangan Anda.

Membuat Anda Merasa Bersalah

Hal ini kerap kali terjadi dalam sebuah hubungan, ketika pasangan seringkali membuat Anda merasa bersalah bahkan atas sesuatu yang tidak Anda lakukan. Mereka akan selalu memiliki celah untuk membuat Anda berpikir bahwa segala hal yang terjadi, terutama hal buruk, adalah kesalahan diri sendiri. Pada akhirnya Andalah yang harus mengalah dan minta maaf pada pasangan.

Anda Bertanggung Jawab Atas Emosinya

Selain sering membuat merasa bersalah, dia akan membuat Anda menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas emosinya. Anda harus melakukan segala cara agar bisa membuat emosinya mereda dan ini bisa jadi membuat pasangan memanfaatkan Anda. Untuk itu, berhenti menyalahkan diri sendiri dan berhenti merasa bertanggung jawab atas segalanya.

Sering Membuat Anda Ragu

Mengikuti setiap kata yang keluar dari pasangan manipulatif dapat membuat Anda ragu dan akhirnya kehilangan diri sendiri. Dia akan menggunakan kelemahan Anda, kemudian berulang kali mengatakan bahwa tanpa bantuannya, Anda takkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Lantas Anda akan ragu dan terus bergantung padanya dan mengiyakan seluruh yang dia katakan.

Tak Mau Minta Maaf

Ciri pasangan manipulatif lainnya ialah dia tak pernah meminta maaf. Dia akan mengedepankan emosinya, membuat Anda bertanggung jawab dan minta maaf duluan. Mereka juga tidak akan peduli dengan kebutuhan dan keinginan yang Anda rasakan.